Food Estate Prison Rutan Kuala Kapuas Beralih ke Padi Lokal

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 26 April 2021 13:52, Dibaca 1,021 kali.


MMCKalteng -  Kapuas – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas meneruskan program ketahanan pangan melalui penanaman padi di lahan pinjam pakai kerja sama dengan kelompok masyarakat peduli pemasyarakatan. Hari ini, Senin (26/4/2021), Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kuala Kapuas melakukan penanaman padi dengan diawasi langsung oleh Kepala Rutan Kuala Kapuas dan didampingi staff Rutan Kuala Kapuas.


Kepala Rutan Kuala Kapuas, Toni Aji Priyanto mengatakan bahwa program pembinaan ini dilakukan untuk melatih WBP agar memiliki skill untuk bekal ketika nanti bebas dapat diaplikasikan dalam kehidupannya di tengah masyarakat luas.

(Baca Juga : Asimilasi Rumah Narapidana Lapas Sampit )

“Program ini namanya Food Estate Prison, sebelumnya diketahui bahwa kita sudah 2 kali panen padi di lahan ini dengan jenis padi yaitu padi unggul IR. Dan karena dinilai padi unggul kurang tepat dengan kondisi lahan dan cuaca di sini akhirnya kita putuskan untuk tahun ini kita tanami padi lokal atau biasa disebut padi tahun,” tutur Toni.


Harapannya tahun ini bisa mendapatkan hasil panen yang sesuai dengan perkiraan, dan keuntungan dari hasil panen tersebut nantinya sebagian akan diberikan kepada negara berupa Penerimaan Negara Bukan Pajak, sebagiannya diberikan untuk premi Narapidana yang ikut bekerja, dan sebagiannya lagi untuk dana penunjang pembinaan. (Red-Dok, Kumham Kalteng, April 2021)

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook