Gali Kemampuan WBP Lapas Sampit Melalui Lomba Kultum

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 21 April 2021 15:41, Dibaca 13 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Timur - Bertempat di Masjid At-Taubah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit, diselenggarakan perlombaan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) yang diikuti oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Sampit, Rabu (21/4/2021). Suhaimi selaku Kepala Seksi Pembinaan Narapiadana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja Lapas yang bertindak selaku panitia perlombaan ini menyampaikan bahwa kegiatan lomba kultum ini merupakan rangkaian dari beberapa perlombaan dan pertandingan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-57 yang diselenggarakan oleh Lapas Kelas IIB Sampit. 

"Selain itu berbagai perlombaan yang bersifat agamis ini juga dilaksanakan dalam rangka mengisi berbagai kegiatan di Bulan Suci Ramadhan 1442 H/2021 M serta sebagai pengasah kemampuan, retorika, melatih percaya diri dan menambah pengetahuan di bidang agama," tambahnya. 

(Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Kalteng Pedomani Arahan Sekjen Dalam Menjelang Hari Raya dan Pasca Libur 2022)


Sementara itu, Reza Febriansyah selaku Pelaksana Perlombaan menyampaikan bahwa kriteria penilaian dari lomba kultum ini meliputi aspek kesesuaian tema, judul dan isi kultum, sistematika pembawaan, bahasa yang bagus dan dapat diterima para pendengarnya, gaya/mimik dan improvisasi serta ketepatan waktu yang telah ditentukan tim juri. Sedangkan jumlah peserta perlombaan kultum ini sebanyak 14 orang WBP terdiri dari 12 orang WBP pria dan 2 orang WBP Wanita yang akan memperebutkan hadiah untuk juara pertama, kedua dan ketiga.

Agung Supriyanto selaku Kalapas Kelas IIB Sampit menyambut positif berbagai kegiatan perlombaan/pertandingan ini, karena selain dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan dan dalam rangka mengisi Bulan Suci Ramadhan, kegiatan ini juga dapat dipergunakan untuk sarana pengisi waktu para WBP di saat berpuasa dengan hal-hal yang positif serta dapat mengasah kemampuan para WBP.


"Dengan kegiatan perlombaan Kultum ini diharapkan ke depannya para peserta lomba semakin terasah kemampuan dan percaya dirinya hingga kelak menjadi penceramah yang mampu menjadi insan yang berkualitas dengan terus menyiarkan agama Allah SWT serta menjadi insan yang berguna bagi  agama, nusa dan bangsa," pungkas Agung. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook