Warga Seribu Riam Usulkan Pembangunan PLTS

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 21 April 2021 08:23, Dibaca 2 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Fasilitas listrik menjadi kebutuhan utama yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah pelosok. Namun, sampai ini masih banyak masyarakat yang belum menikmati fasilitas tersebut, sehingga fasilitas listrik kerap menjadi usulan masyarakat saat kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam melaksanakan reses ataupun kunjungan ke dalam daerah.

Salah satunya seperti usulan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang disampaikan masyarakat Kecamatan Seribu Riam, Kabupaten Murung Raya (Mura) kepada Anggota DPRD Kalteng dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV meliputi Kabupaten Mura, Barito Utara (Barut), Barito Timur (Bartim) dan Barito Selatan (Barsel) Siswandi saat melaksanakan reses perorangan ke wilayah setempat, belum lama ini.

(Baca Juga : Ketua DPRD Apresiasi Kinerja Bank Kalteng)

“Saat melaksanakan reses perorangan ke Kecamatan Seribu Riam, masyarakat mengusulkan pembangunan PLTS. Memang di sana sudah ada listrik tetapi masih menggunakan mesin diesel,” ucap Siswandi saat dibincangi di gedung dewan, Selasa (20/4/2021).

Anggota Komisi IV DPRD Kalteng yang membidangi Infrastruktur dan Prasarana ini juga mengatakan, listrik yang dihasilkan mesin diesel hanya untuk malam hari dan mampu bertahan beberapa jam saja, sehingga pasokan listrik tidak mencukupi untuk sejumlah operasional penting seperti administrasi pemerintahan dan fasilitas kesehatan.

“Ketersediaan listrik sangat berdampak bagi sejumlah aspek penting seperti operasional administrasi pemerintahan dan fasilitas kesehatan, mengingat untuk penyimpanan obat-obatan perlu pendingin yang dihasilkan oleh tenaga listrik. Yang artinya pelayanan kesehatan di wilayah tersebut juga akan terhambat,” ujarnya.

Dengan dibangunnya PLTS di Kecamatan Seribu Riam, sambung Siswandi, pasokan listrik tentunya bisa terpenuhi setidaknya hingga 80 persen. Oleh karena itu, usulan masyarakat terkait pembangunan PLTS ini diharapkam mendapat perhatian dan bisa menjadi prioritas pemerintah.

“Demi mewujudkan usulan tersebut masyarakat telah menyiapkan lahan seluas 1 ha dan saya selaku wakil rakyat akan segera meneruskan harapan ini kepada pemerintah agar bisa segera ditindaklanjuti sekaligus direalisasikan,” pungkasnya. (Rovie / Foto: Rovie)

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook