Memasuki Hari Ke-2 Puasa, WBP Lapas Pangkalan Bun Tetap Antusias Laksanakan Shalat Tarawih

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 15 April 2021 13:45, Dibaca 12 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat – Memasuki hari ke-2 Puasa, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tetap melaksanakan Shalat Isya dan Tarawih Berjamaah di Masjid At-Taubah Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pangkalan Bun dengan tetap memenuhi protokol kesehatan, Rabu (14/4/2021). Sebelum memasuki Masjid, WBP wajib untuk berwudhu di kamar masing-masing maupun di Masjid dan menggunakan Hand sanitizer yang telah disediakan oleh Lapas Pangkalan Bun guna mencegah penyebaran COVID-19.


Agar menghindari kerumunan, setiap blok bergilir untuk melaksanakan Shalat Isya dan Tarawih Berjamaah. Kegiatan ini sangat terbatas dan mitra dari luar tidak diperkenankan untuk berceramah di Masjid At-Taubah.  Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan No. PAS-OT 02.02-17 Tanggal 14 Mei 2020 tentang Penanganan COVID-19 yang berisi 12 langkah penanganan COVID-19 di dalam Lapas, salah satu upayanya adalah dengan membatasi kegiatan yang berhubungan dengan pemangku kepentingan / mitra dari luar Lapas.

(Baca Juga : Bapas Sampit Ikuti Kegiatan Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana Melalui Program Asimilasi)

Kalapas Pangkalan Bun Mukhtar menyambut positif kegiatan ibadah ini, dimana pada tahun lalu  pemerintah meminta Shalat Tarawih dilakukan di rumah/kamar hunian masing-masing dan sekarang telah mendapatkan lampu hijau untuk melaksanakannya secara Berjamaah.


“Alhamdulillah, kita patut bersyukur karena masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk bertemu dengan bulan Suci Ramadhan serta melaksanakan Shalat Isya dan Tarawih secara berjamaah di Masjid At-Taubah ini. Manfaatkan kesempatan ini untuk beribadah dengan khusyuk, luruskan niat keluar dari kamar hunian untuk beribadah ke Masjid dan setelah selesai kembali ke kamar masing-masing,” ucap Kalapas saat memberikan sambutan kepada WBP.

Setelah selesai melaksanakan Shalat Tarawih, beberapa WBP melaksanakan Tadarus 1 hari 1 Juz. Kegiatan ini berjalan dengan aman dan lancar karena diawasi langsung oleh Petugas Regu Jaga dan bantuan keamanan dari Staf. (Red-dok, Humas Kalteng, April 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook