WBP Lapas Sukamara Siapkan Lahan Untuk Berkebun

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 12 April 2021 14:29, Dibaca 46 kali.


MMCKalteng - Sukamara - Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara kembali siapkan lahan baru yang berada di depan blok hunian untuk berkebun sayur-sayuran. Di bawah pengawasan Staf Pembinaan, Warga Binaan mengolah lahan menggunakan mesin traktor. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan media tanam yang gembur dan subur.

Sebelum masuk tahap penanaman bibit, lahan yang dipilih menjadi media tanam harus diolah terlebih dahulu. Proses penggemburan tanah dan membuat baluran-baluran di sekitar lahan tanam dilakukan agar bibit tanaman atau sayuran-sayuran yang ditanam dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal.

(Baca Juga : Lapas Sampit Kembali Terapkan Prokes Dalam Menerima Tahanan Baru )


Pembajakan tanah yang dilakukan Warga Binaan menggunakan mesin traktor adalah tahap pertama sebelum nantinya tanah akan ditabur kapur pertanian terlebih dahulu untuk menetralkan pH tanah. Setelah itu akan ditabur pupuk kompos untuk meningkatkan kandungan unsur hara tanah. Baru setelah itu bibit suyuran yang sudah siap, akan ditanam.

Staf Pembinaan bagian Pengelola Bimbingan Kemandirian yang memberikan bimbingan dan pengarahan kepada Warga Binaan khususnya di bidang perkebunan mengatakan bahwa lahan yang disiapkan ini untuk memanfaatkan lahan kosong sebagai lahan produktif. "Hari ini kami arahkan Warga Binaan untuk membuka lahan baru yang nantinya menjadi tempat media tanam untuk ditanami sayur-sayuran. Ini juga bertujuan untuk memanfaatkan lahan yang ada agar bisa lebih produktif dan menghasilkan," tutur M. Irfan Al Rasyid, Senin (12/4/2021).


Selain itu Irfan juga mengatakan bahwa ini merupakan bagian dari perluasan lahan perkebunan yang dimiliki Lapas Sukamara khusus di bidang sayuran-sayuran. "Sebelumnya kita sudah ada lahan perkebunan sayur-sayuran, salah satunya kangkung cabut dan itu sudah mulai penen dan sekarang kita buka lagi lahan baru, dengan harapan nantinya dapat mendorong tingkat hasil produksi khususnya di bidang sayuran-sayuran," pungkasnya. (Red-dok, Humas Kalteng, April 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook