Pegawai Rupbaskara Ikuti Sosialisasi SAKTI Web Full Module

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 23 Maret 2021 14:03, Dibaca 6 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) adalah aplikasi yang digunakan sebagai sarana bagi satker dalam mendukung implementasi SPAN untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran. SAKTI mengintegrasikan seluruh aplikasi satker yang ada. Mempunyai fungsi utama dari mulai Perencanaan, Pelaksanaan hingga Pertanggungjawaban Anggaran.

Selain itu, SAKTI menerapkan konsep single database. Aplikasi SAKTI digunakan oleh entitas akuntansi dan entitas pelaporan Kementerian Negara/Lembaga. Seluruh Transaksi entitas akuntansi dan entitas pelaporan dilakukan secara sistem elektronik.

(Baca Juga : Persiapan Pelatihan Dasar, CPNS Lapas dan Imigrasi Ikuti Kegiatan ini)


Sehubungan dengan inisiasi Kementerian Keuangan dhi. Ditjen Perbendaharaan untuk terus menyempurnakan sistem pengelolaan keuangan negara yang modern melalui implementasi SAKTI, Rupbasan kelas I Palangka Raya (Rupbaskara) mengikuti kegiatan Sosialisasi SAKTI Web Full Module Satker Non-Piloting secara virtual, Selasa (23/3/2021). Kegiatan sosialisasi melalui aplikasi Zoom Meeting yang diselenggarakan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Palangka Raya ini dimulai pukul 09:00 WIB bertempat di Ruang Bendaharawan yang diikuti oleh Staf Pengelola Keuangan M. Anwar Rasid dan Bendahara Pengeluaran Wira Aditiya CHR.

Dalam sambutanya Kepala KPPN Palangka Raya Muchtar Salim mengucapkan terima kasih atas kesediaan peserta sosialisasi pada pagi hari ini. Ia juga menambahkan aplikasi SAKTI ditargetkan akan berlaku pada tahun 2022 dan pada bulan Juni nanti direncanakan akan diadakan pelatihan lebih lanjut ke satker-sakter.


“Saya berharap pengelola keuangan di wilayah KPPN Palangka Raya dapat bersabar dan tenang, pengalaman pada Juni tahun 2020 kemaren sejak Covid-19 meyerang hal itu sangat mempengaruhi pelayanan kami. Ke depan diharapkan bagi satker-satker di daerah tidak perlu lagi datang ke KPPN karena semuanya sudah ada di sistem,” ucapnya.

Kegiatan sosialisasi SAKTI Web Full Module Satker Non-Piloting diakhiri dengan tanya jawab yang diikuti oleh seluruh peserta kegiatan. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook