Sekda Kalteng Hadiri Peringatan Hari Jadi ke-215 Kota Kuala Kapuas dan Hari Jadi ke-70 Pemerintah Kabupaten Kapuas

Kontribusi dari Widia Natalia, 22 Maret 2021 10:35, Dibaca 324 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kuala Kapuas secara virtual melalui video conference dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (22/03/2021). Peringatan ini merupakan Hari Jadi ke-215 Kota Kuala Kapuas dan Hari Jadi ke-70 Pemerintah Kabupaten Kapuas Tahun 2021.

Peringatan Hari Jadi ke-215 Kota Kuala Kapuas dan Hari Jadi ke-70 Pemerintah Kabupaten Kapuas Tahun 2021 mengusung Tema “Hapumpung Tekad Manuju Kapuas Kasanang Tuntang Barigas”. Tema tersebut memiliki arti Bersatu menuju Kapuas Sejahtera dan Sehat.

(Baca Juga : Pemprov Kalteng Minimalisir Dampak Karhutla Pada Anak-Anak Binaan LPKA)


Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri saat membacakan Sambutan tertulis Gubernur Kalteng mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-215 Kota Kuala Kapuas dan Hari Jadi Ke-70 Pemerintah Kabupaten Kapuas.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Saya mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-215 Kota Kuala Kapuas dan Hari Jadi Ke-70 Pemerintah Kabupaten Kapuas”, ucap Fahrizal Fitri.

Fahrizal Fitri berharap dengan bertambahnya usia, Kabupaten Kapuas mampu menjadi kabupaten yang berdaya saing tinggi dan memberikan pelayanan prima, sehingga dapat mewujudkan masyarakat Kapuas yang semakin maju, berkeadilan, dan sejahtera.

Pada kesempatan tersebut, Fahrizal Fitri juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas, atas terselenggaranya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Periode 2021- 2025 pada bulan Desember 2020 lalu, dengan aman dan kondusif.

Fahrizal Fitri mengajak seluruh komponen masyarakat dan Penyelenggara Pemerintahan serta berbagai pihak terkait, agar menjadikan Peringatan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas dan Pemerintah Kabupaten Kapuas ini sebagai momentum dan sarana untuk merekatkan kembali perbedaan yang ada selama masa pemilihan Kepala Daerah kemarin.

“Mari kita satukan tekad, bergandengan tangan, melupakan perbedaan dan bersatu padu untuk membangun dan mewujudkan Kalimantan Tengah yang semakin Berkah”, imbuhnya.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, Fahrizal Fitri mengimbau kepada semua, agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan dalam melaksanakan kegiatan apapun, terutama 4 M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mencuci tangan, sebagai upaya bersama untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Lebih lanjut Fahrizal Fitri mengutarakan, Upacara Seremonial yang sedianya dilaksanakan rutin setiap tahunnya di Ibukota Kabupaten Kapuas, tahun ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih melanda dengan dukungan sarana teknologi informasi dan komunikasi dapat tetap dilaksanakan secara virtual.

“Meski diperingati sederhana dan rangkaian peringatan kita tiadakan, dalam suasana penuh keprihatinan akibat pandemi, tentu tidak boleh mengurangi makna dan nilai penting yang terkandung dalam Peringatan Hari Bersejarah Kabupaten ini. Hal ini tentunya selaras dengan Tema yang diusung dalam Hari Jadi Ke-215 Kota Kuala Kapuas dan Hari Jadi Ke-70 Pemerintah Kabupaten Kapuas, yaitu “Hapumpung Tekad Manuju Kapuas Kasanang Tuntang Barigas”, yang berarti Bersatu menuju Kapuas Sejahtera dan Sehat”, papar Fahrizal Fitri.

Fahrizal Fitri mengatakan tema tersebut menyiratkan semangat dan motivasi untuk menekan laju penyebaran Covid-19, demi terwujudnya masyarakat Kapuas yang inovatif, maju, berkeadilan, sehat, dan lebih sejahtera. Fahrizal Fitri juga mengatakan dalam rangka Pemulihan Ekonomi di masa pandemi, Pemprov. Kalteng bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Prov. Kalteng membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), dengan tujuan untuk meningkatkan percepatan akses keuangan daerah, guna mendorong pembangunan, pertumbuhan ekonomi daerah, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Fahrizal Fitri menyampaikan sesuai arahan Presiden RI pada Rakornas TPAKD akhir tahun 2020 lalu, Pemerintah Daerah diminta untuk melakukan cara-cara yang extraordinary dan cepat, khususnya dalam menjalankan segala kebijakan dan program terkait peningkatan literasi keuangan, mendorong peran kelompok usaha, penguatan infrastruktur keuangan daerah yang agresif, dan peningkatan inklusi keuangan melalui produk dari lembaga keuangan yang dapat diakses masyarakat luas. Untuk mewujudkan harapan Presiden tersebut, TPAKD harus berjalan secara merata di seluruh daerah. Dikatakan oleh Fahrizal Fitri saat ini, baru ada 5 TPAKD yang terbentuk yaitu TPAKD Prov. Kalteng, TPAKD Katingan, TPAKD Kotawaringin Timur, TPAKD Kotawaringin Barat dan TPAKD Palangka Raya.

Fahrizal Fitri menekankan kepada Kabupaten lain, termasuk Kapuas, agar bisa segera membentuk TPAKD, agar seluruh wilayah Kalteng dapat mempercepat akses keuangan, sehingga nantinya dapat mengakselerasi Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Diketahui, Pemerintah Daerah dapat bersinergi dengan Lembaga Jasa Keuangan yang juga tergabung dalam anggota TPAKD seperti perbankan. Program TPAKD tertuju pada pengembangan akses keuangan dan kesejahteraan masyarakat, melalui dukungan terhadap pengembangan dan pembiayaan sektor unggulan daerah atau klaster tertentu, seperti tambak udang, perkebunan kopi atau sektor lainnya, termasuk memfasilitasi UMKM.

Selanjutnya, Fahrizal Fitri menjelaskan terkait penanganan dampak Pandemi Covid-19 saat ini, Pemprov. Kalteng melalui Perbankan yang ada di Kalteng telah mendistribusikan Bantuan Sosial bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tahap II sebanyak 3.556 Keluarga Penerima Manfaat senilai Rp 881.354.600,- melalui PT Bank Pembangunan Daerah Kalteng dan Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 8.109 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) senilai Rp 1.952.515.000,- melalui PT Bank Mandiri, BNI, dan BRI untuk masyarakat di Kabupaten Kapuas.

Fahrizal Fitri juga mengharapkan melalui momentum Hari Jadi tahun 2021 ini, agar Bupati Kapuas beserta jajaran dan seluruh lapisan masyarakat dapat bahu membahu dan tetap selalu “mendharma bhaktikan diri” demi kemajuan Kabupaten Kapuas pada khususnya dan Kalteng pada umumnya, termasuk mendukung keberhasilan program Food Estate yang merupakan Program Strategis Nasional (PSN).

Diakhir sambutannya, Fahrizal Fitri juga mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada Bupati dan Wakil Bupati beserta jajarannya, atas prestasi yang diperoleh Kabupaten Kapuas selama ini, diantaranya, pertama, memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) sebanyak 4 kali berturut-turut, dalam hal Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas. Kedua, apresiasi pembinaan Proklim dari Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Festival Iklim Tahun 2022.

Ketiga, sebagai Kabupaten paling Replikatif peringkat ke 3 dan Inspiratif Tahun 2020 dalam Upaya Pencegahan dan Penurunan Stunting Terintegrasi Tahun 2020. Keempat, penghargaan Penyelenggara Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yang diberikan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas Tahun 2020.

Kelima, dalam hal Akuntabilitas Kinerja, Pemerintah Kabupaten Kapuas Mendapat Nilai 63,66 dengan Predikat Penilaian "B" pada Tahun 2020, berdasarkan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang dilaksanakan oleh Kemenpan RB. Terakhir, pada tahun 2021 berhasil mendapatkan Peringkat Ke-4 Pada Bidang Keterbukaan Informasi Publik.

“Pada kesempatan ini pula, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Mantan Bupati dan Wakil Bupati, para tokoh masyarakat, politisi, cendekiawan dan akademisi, kalangan dunia usaha, insan pers, dan kalangan LSM, baik yang masih hidup maupun yang telah tiada, atas segala pengabdian, sumbangan pemikiran, dan peran sertanya dalam pembangunan Kabupaten Kapuas agar lebih maju dari sebelumnya”, pungkas Fahrizal Fitri.


Sementara itu, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengawali sambutannya mengucapkan selamat atas terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng terpilih periode 2021-2024 H. Sugianto Sabran dan H. Edy Pratowo.

“Melalui momentum ini saya pribadi mengucapkan selamat atas terpilihnya Bapak H. Sugianto Sabran dan H. Edy Pratowo sebagai Gubernur dan Wakil gubernur terlilih Provinsi Kalimantan Tengah periode 2021-2024”, ucap Ben Brahim S Bahat .

“Sekarang HUT Kapuas diselenggarakan secara virtual, kita sama-sama memahami bagaimana kondisi pandemi sekarang namun tanpa mengurangi makna kita selenggarakan secara hikmat HUT Kapuas yang ke-215 dan ke-70 Pemerintah Kabupaten Kapuas kali ini”, tambahnya.

Ben Brahim S Bahat  mengutarakan Pemerintah Kabupaten Kapuas siap mendukung apapun Visi/Misi Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih. Ben Brahim S Bahat  juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Kalteng atas segala dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas selama ini.

“Diharapkan kita semua bersama selalu bersinergi memajukan Kalimantan Tengah”, tandas  Ben Brahim S Bahat. (wdy&Yudis/Foto:Yudis)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook