Kemenag Barsel Dorong KUA untuk Bina Mualaf

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 10 Maret 2021 08:17, Dibaca 57 kali.


MMCKalteng – Barito Selatan – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Selatan (Barsel) mendorong peran penyuluh agama Islam untuk membina mualaf atau orang yang baru memeluk agama Islam. Pembinaan secara berkesinambungan itu penting agar mualaf memiliki pemahaman keagamaan yang baik dan benar.

Kepala Kemenag Barsel H. Tuaini saat dimintai komentarnya mengatakan, penting dilakukan pendampingan kepada mualaf secara konsisten. Penyuluh agama Islam menjadi salah satu pihak yang diyakini bisa melakukan pendampingan tersebut.

(Baca Juga : Tim Yankomas Lakukan Rapat Tindak Lanjut Laporan Dugaan Pelanggaran HAM)

“Naungan sekaligus bimbingan bagi mualaf secara konsisten penting untuk dilakukan penyuluh agama Islam,” kata H. Tuaini, Rabu (10/3/2021) di Buntok.

Menurut H. Tuaini, hal yang sama juga pernah dilontarkannya saat bertemu penyuluh agama Islam non PNS di KUA Kecamatan Gunung Bintang Awai, Senin (8/3/2021). Saat itu, kata H. Tuaini, dirinya mengingatkan bahwa penyuluh agama harus bisa memodifikasi pola berdakwah sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini, t)ermasuk dakwah kepada para mualaf.

"Meski suasana dalam Pandemi covid-19, penyuluh tetap bisa mendampingi dan membina mualaf melalui media online," katanya.

"Intinya adalah bagaimana KUA dan penyuluh agama Islam memberikan perhatian bagi para mualaf dan bimbingan agama secara berkesinambungan guna memberikan rasa kepedulian bersama," imbuh H. Tuaini.

Terpisah, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam H. Syuriansah menuturkan, tiga tugas pokok bagi penyuluh agama Islam adalah membimbing, menyuluh, dan menyampaikan. 

"Dengan menjalankan tiga tugas pokok tersebut, diharapkan penyuluh bisa berkontribusi dalam memberikan motivasi, pendampingan, dan pemahaman di masyarakat dalam menghadapi situasi saat ini," ungkapnya. (Piji)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook