Tujuh Belas Instansi Ikuti Rapat Timpora Tingkat Provinsi

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 09 Maret 2021 15:54, Dibaca 1,449 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pada Selasa (9/3/2021), dilangsungkan kegiatan rapat Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) tingkat provinsi. Rapat Tim PORA diadakan oleh Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, dan diikuti oleh sekitar Tiga Puluh orang peserta rapat. Rapat Tim PORA kali ini mengangkat tema "Sinergitas Tim PORA dalam Masa Pandemi Covid-19 menuju Penegakan Hukum Keimigrasian Pasti ".

Bertempat di Hotel Aquarius, kegiatan dibuka oleh Kepala Divisi Keimigrasian, Ignatius Purwanto dan dihadiri oleh unsur instansi vertikal seperti TNI-POLRI, BINDA, Kejaksaan, maupun pemerintah daerah diantaranya dari Kesbangpol, Disnaker, Disbudpar, Disdukcapil. Turut hadir dalam rapat Timpora, Kepala Kantor Imigrasi, Ujang Cahya serta perwakilan dari Seksi Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya.

(Baca Juga : Antisipasi Gangguan Kamtib, Polres Barito Timur Setiap Hari Rutin Sambangi Rutan Tamiang Layang)


Dalam sambutannya, Ignatius menjelaskan bahwa persoalan orang asing bukan hanya merupakan persoalan keimigrasian semata tetapi menjadi persoalan politik dan sosial dalam kehidupan masyarakat di Indonesia.

“Dengan adanya Tim Pengawasan Orang Asing ini, menjadi sarana dan wadah bagi kita bersama untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan, memberikan saran dan pertimbangan untuk dapat kita jadikan solusi bersama di dalam menangani permasalahan orang asing,” jelasnya kepada peserta rapat yang hadir.


Rapat Timpora dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Divisi Keimigrasian, Ignatius Purwanto yang juga selaku narasumber. Setelahnya kegiatan juga diisi dengan diskusi dan tanya jawab terkait permasalahan atau isu aktual yang sedang terjadi di masyarakat terkait pengawasan orang asing.

Masing-masing perwakilan menyampaikan permasalahan yang sedang dihadapi terkait penanganan orang asing dan meminta klarifikasi terhadap instansi terkait yang mempunyai informasi tentang itu. Tidak hanya permasalahan yang dibagikan dalam rapat diskusi tersebut, banyak masukan yang disampaikan dari para anggota dengan tujuan untuk meningkatkan sinergi dan pertukaran informasi antar anggota Timpora. Rapat Timpora ini berjalan dengan baik dan lancar serta menerapkan protokol kesehatan. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook