Teknisi Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Dampingi Uji Coba Tahap 2 USBK SMA Negeri 1 Palangka Raya

Kontribusi dari Rikah Mustika, 03 Maret 2021 21:20, Dibaca 18 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Pelaksanaan Uji Coba tahap 2 USBK di SMA Negeri 1 Palangka Raya sudah dilaksanakan mulai tanggal 2-10 Maret 2021. Pelaksanaan Uji Coba tahap 2 USBK kali ini pihak panitia sekolah menggunakan aplikasi All in One  Moodle Computer Based Test (AIOCBT). Dalam penggunaan aplikasi ini pihak panitia sekolah juga meminta pendampingan teknisi dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah. Hal ini bertujuan untuk memberikan bimbingan ke para teknisi dan proktor di SMA Negeri 1 Palangka Raya agar memiliki cukup pengetahuan dan keterampilan dalam mengoperasikan aplikasi tersebut pada saat USBK nanti.

Pelaksanaan hari pertama Uji Coba tahap 2 USBK menggunakan aplikasi AIOCBT berjalan lancar. Kolaborasi antara para teknisi dan para proktor dalam kegiatan ini sangat luar biasa apiknya. Konsep kolaborasi ini merupakan konsep yang mungkin bisa menjadi contoh oleh sekolah-sekolah lain. Selain itu, penggunaan aplikasi ini juga memungkinkan soal-soal ujian sudah ada di server sekolah, sehingga anak-anak bisa mengaksesnya dari rumah. Para proktor dan teknisi tetap ke sekolah untuk mengatur jalannya ujian. Hal itu disampaikan oleh teknisi pendamping dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Aryadi Gunawan, S.T., di Labkom SMA Negeri 1 Palangka Raya, Selasa (2/3/2021).

(Baca Juga : BLK Kalteng Buntok Suport Pendirian BLK Katingan)

“Saya sangat salut dengan kolaborasi antara para teknisi dan para proktor SMA Negeri 1 Palangka Raya dalam kegiatan ini. Mereka bekerja dengan sangat apiknya. Konsep kolaborasi ini merupakan konsep yang mungkin bisa menjadi contoh oleh sekolah-sekolah lain di Kalimantan Tengah dalam pelaksanaan USBK,” katanya.


Aryadi juga menyampaikan bahwa aplikasi AIOCBT ini basisnya adalah Learning Manajemen System (LMS) yang disederhanakan menjadi aplikasi ujian. Keunggulan dari aplikasi ini yang pastinya open source. Pihak pengguna aplikasi bisa mengembangkan sesuai keperluan, dan aplikasi ini juga ringan.

Hal yang paling penting, aplikasi ini bisa menganalisis validitas soal yang dibuat oleh guru dan menganalisis hasil ujian siswa. Teknisi ini juga berharap pihak SMA Negeri 1 Palangka Raya terus menggunakan aplikasi yang ada karena sudah pada jalur yang tepat dan terus dikembangkan untuk kemajuan pendidikan di Kalimantan Tengah. Bila ada hal-hal yang bersifat teknis, pihaknya siap membantu agar pelaksanaan USBK tahun ini dapat terlaksana dengan baik.

“Saya harap pihak sekolah terus mengembangkan aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan. SMA Negeri 1 Palangka Raya sudah pada jalur yang tepat untuk persiapan pelaksanaan USBK,” ujarnya.

Di tempat terpisah, teknisi SMA Negeri 1 Palangka Raya, Budi Santoso, S. Pd., juga menyampaikan penggunaan aplikasi AIOCBT pada kegiatan Uji Coba tahap 2 USBK karena memiliki banyak keunggulan. Aplikasi ini adalah sebuah program untuk menjalankan kegiatan ujian berbasis komputer. Untuk settingan atau pengaturan jaringan dan sebagainya dapat dilakukan dengan mudah dan aman.


Walau demikian, untuk tahap awal penggunaan aplikasi ini pihak teknisi sekolah tetap meminta pendampingan pada awal pelaksanaan Uji Coba tahap 2 ini. Hal ini untuk memastikan semua kegiatan dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

“Pada tahap awal kegiatan Uji Coba tahap 2 USBK ini kita tetap meminta pendampingan dari teknisi Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah. Hal ini bertujuan untuk memastikan kegiatan berlangsung dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Teknisi ini juga menyampaikan untuk kegiatan Uji Coba tahap 2 dan kegiatan USBK, pihak SMA Negeri 1 Palangka Raya menggunakan 4 server. Tiga server aktif dan satu server sebagai cadangan.  Selanjutnya untuk pengoperasian aplikasi dan server pada kegiatan Uji Coba dan USBK akan ditangani oleh 3 teknisi, 12 orang operator dan 12 orang pengawas ruang. Dengan demikian diharapkan semua rangkaian kegiatan Uji Coba dan USBK dapat berlangsung dengan baik dan lancar. (Humas-Anw)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook