Kunjungan Kerja Anggota Komisi III DPR RI Ke Lapas Perempuan Palangka Raya

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 03 Maret 2021 11:54, Dibaca 65 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Palangka Raya mendapatkan kehormatan sebab dikunjungi oleh Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ary Egahni Ben Bahat, SH. Kedatangan anggota komisi III DPR RI tersebut dalam rangka Kunjungan Kerja Reses Anggota DPR RI, Selasa (2/3/2021). 

Sebelum melaksanakan kunjungannya, Ary Egahni menghadiri kegiatan presentasi mengenai kondisi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah beserta Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawahnya yang disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kalimantan Tengah Ilham Djaya, SH, MH, M.Pd. Selanjutnya, ia mengunjungi Lapas Palangka Raya dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Palangka Raya sebelum akhirnya menuju Lapas Perempuan Palangka Raya. Ary Egahni Ben Bahat, SH dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kalimantan Tengah Jumadi, Bc.IP, SH, MH beserta rombongan tiba di Lapas Perempuan Palangka Raya sekitar pukul 15.00 WIB. 

(Baca Juga : Sambut Hari Paskah, Lapas Palangka Raya Gelar Lomba Menyanyi Rohani Bagi WBP)

Setiba di Lapas Perempuan Palangka Raya, Ary Egahni Ben Bahat, SH disambut oleh Kepala Lapas (Kalapas) Perempuan Kelas IIA Palangka Raya Dyah Wandansari, Bc.IP, SH, MH. Penyambutan tersebut berupa pengalungan syal batik khas Kalimantan Tengah. Selanjutnya, Ary Egahni Ben Bahat dipersilahkan memasuki gedung Lapas dan disambut dengan suguhan tarian khas Dayak Bahalai Bawi Bakinak yang dibawakan oleh 3 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), yang amna koreografi dan pelatihnya ditangani langsung oleh Kalapas Perempuan Palangka Raya. 

Kegiatan kunjungan dimulai dengan pertemuan yang berlangsung di Ruang Kunjungan Lapas Perempuan Palangka Raya, yang diikuti oleh pegawai dan perwakilan WBP sebanyak 17 orang. Dalam kegiatan ini, Ary Egahni memberikan motivasi kepada pegawai maupun WBP Lapas Perempuan Palangka Raya untuk lebih memiliki semangat dalam melaksanakan semua aktivitas.


"Harapan saya adalah kerja sama kita dalam merawat warga binaan layaknya anak kita sendiri yang artinya kita tidak menginginkan mereka menjadi rusak tetapi menjadi lebih baik" ujarnya 

Selanjutnya, Kepala Lapas (Kalapas) Perempuan Palangka Raya Dyah Wandansari, Bc.IP, SH, MH menyampaikan paparannya tentang kondisi Lapas Perempuan Palangka Raya, meliputi kondisi bangunan, WBP, dan pegawai. Selain itu juga Kalapas Perempuan Palangka Raya memaparkan kebutuhan-kebutuhan Lapas Perempuan Palangka Raya yang bersifat krusial dan penting seperti penambahan bangunan blok, pengaspalan jalan akses menuju Lapas, pengelolaan sampah dll.

Dari pemaparan tersebut diharapkan Ary Egahni Ben Bahat, SH selaku Anggota Komisi III DPR RI dapat menjadikan aspirasi yang telah disampaikan sebagai masukan dan bahan pertimbangan dalam Rapat Kerja DPR RI untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan Lapas Perempuan Palangka Raya. Pada akhir pertemuan, Ary Egahni memberikan bingkisan berupa Al-Quran, Alkitab, dan buku-buku motivasi untuk para WBP. Sementara, Kalapas Perempuan Palangka Raya memberikan cinderamata kepada Ary Egahni berupa tas rajutan hasil karya WBP. 

Ary Egahni juga berkesempatan meninjau area Dapur Lapas Perempuan Palangka Raya. Ia memberikan apresiasi terhadap kerja para tamping petugas dapur yang telah melakukan pekerjaan dengan baik dan tetap menjaga kebersihan Dapur.


"Dengan kebersihan, kedisiplinan, dan keikhlasan para petugas dapur dapat membuat WBP lebih sehat dan menjalankan aktivitas lebih baik," ungkapnya.

Pengelolaan bahan makanan di dapur merupakan program unggulan Kalapas Perempuan Palangka Raya dan layak dijadikan Lapas percontohan dalam pengolahan bahan makanan, karena menu yang disajikan bersih, sehat, enak, mengeyangkan, serta bergizi. Selain itu, setiap bulan menu makanan selalu dievaluasi oleh Kalapas Perempuan Palangka Raya dan dilakukan pembenahan ke arah yang lebih baik lagi. 

Di akhir kunjungan, Ary Egahni Ben Bahat, SH menyampaikan kesan selama berada di Lapas Perempuan Palangka Raya.

"Saya merasa senang dan bangga berkesempatan mengunjungi Lapas Perempuan Palangka Raya dengan kebersihan dan kerapiannya dan dari bingkisan yang saya berikan kepada warga binaan tujuannya adalah dengan banyak membaca dapat memberikan pencerahan kepada warga binaan dan pegawai. Saya juga memberikan apresiasi kepada Ibu Kalapas perempuan hebat yang tangguh membangun Lapas dengan keterbatasan keadaan di Lapas tersebut namun dapat memaksimalkan kerja Lapas agar dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga menyentuh hati dan membuat warga binaan menjadi lebih baik," tutup Ary Egahni. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021)

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook