Rutan Kuala Kapuas Bersinergi dengan Puskesmas Melati Lepas KB Implan WBP Wanita

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 02 Maret 2021 14:48, Dibaca 33 kali.


MMCKalteng - Kapuas – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas bersinergi dengan Puskesmas Melati untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan konseling pencabutan alat Keluarga Berencana (KB) implan terhadap salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) wanita Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas di Puskesmas Melati, Senin (1/3/2021). Kegiatan ini dilaksanakan atas adanya laporan keluhan salah satu WBP inisial Ny. H (36) terkait efek samping KB implan yang sudah terpasang di lengan kirinya selama 9 bulan tersebut menyebabkan menstruasi berkepanjangan sehingga mengganggu aktivitasnya saat ini.


Proses pelaksanaan ini mendapat dukungan penuh dari Kepala Rutan Kuala Kapuas, Toni Aji Priyanto. "Saya terus mendukung kegiatan pelayanan kesehatan seperti ini, semaksimal mungkin kita berikan pelayanan kesehatan yang terbaik buat warga binaan, kalau memang butuh penanganan lebih lanjut ke Puskesmas atau Rumah Sakit, dilanjutkan saja," tutur Toni kepada Tim Humas Rutan Kuala Kapuas.

(Baca Juga : Kakanwil Dukung Pengembangan Potensi Pondok Pesantren)


“Sudah hampir sebulan ini saya merasa tidak nyaman, kegiatan ibadah juga terganggu dan akhirnya saya melaporkan ke petugas kesehatan, alhamdulilah langsung ditanggapi dan sekarang sudah dilepas implan saya," tutur Ny. H saat ditemui setelah pelepasan alat KB implan di Puskesmas Melati.

Seluruh proses dilaksanakan dengan pengawalan dari petugas Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR), Husni Naparin dan Perawat Rutan Kuala Kapuas, Patrycia serta berkoordinasi dengan Puskesmas Melati, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar dan sekarang tinggal pemantauan perban yang terpasang pasca tindakan oleh petugas kesehatan. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook