Antusias Masyarakat Pada Pelayanan SI PINTER

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 10 Februari 2021 12:02, Dibaca 8 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Timur - SI PINTER (Pusat Informasi dan Layanan Terpadu) satu atap yang merupakan jenis layanan kepada masyarakat dan keluarga narapidana/tahanan adalah merupakan pelayanan publik yang dimiliki Lapas Sampit, ternyata semakin banyak diminati oleh masyarakat, Rabu (10/2/2021). Antusiasme dari masyarakat pun terlihat banyak diantara mereka yang memerlukan penjelasan atau hanya sekedar bertanya terkait kelengkapan berkas permohonan, kabar keluarga mereka yang menjalani masa pidana dan lain sebagainya melalui Ruang Si Pinter.

"Si Pinter merupakan hasil inovasi Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sampit yang dalam kesehariannya dioperasionalkan oleh jajaran Binadik dan giatja dengan memprioritaskan pemberian informasi syarat, alur/prosedur setiap pengurusan hak para narapidana/tahanan dengan sistem layanan tatap muka dari masyarakat kepada petugas (admin/operator)," jelas Suhaimi selaku Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja.

(Baca Juga : Gali Kemampuan WBP Lapas Sampit Melalui Lomba Kultum)


Pada kesempatan tersebut, Tim Humas Lapas Sampit berhasil mewawancarai salah seorang masyarakat yang bernama Benah, warga Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kotawaringin Timur (Sampit). "Saya sangat senang dengan layanan di Lapas Sampit karena saya lebih mudah mendapatkan informasi yang ingin saya dapatkan, sekarang tidak perlu masuk ke dalam, tidak perlu ketok pintu masuk Lapas, sudah ada petugas yang melakukan pelayanan di luar Lapas dengan lokasi yang cukup representatif dan cukup nyaman," ucapnya.

Sementara di lain pihak, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sampit, Agung Supriyanto menyampaikan, "Kami akan terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik dan maksimal untuk masyarakat terutama sekali kepada keluarga narapidana dan tahanan," tuturnya.


"Informasi dan layanan sebenarnya sudah kami sediakan via online namun dikarenakan seringnya terjadi gangguan jaringan internet, maka sebagai langkah antisipasinya kami berinovasi menyediakan Ruang Si Pinter ini sebagai bentuk layanan tatap muka, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik dan cepat. Semoga hal ini dapat membantu dan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi akan layanan di Lapas Sampit, sekaligus sebagai wahana layanan kepada masyarakat dalam menyerahkan langsung kelengkapan berkas administrasi yang harus dipenuhi dalam proses asimilasi maupun integrasi narapidana," jelas Agung. (Red-dok, Humas Kalteng, Februari 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook