Pengembangan Jurnalis Madrasah Didukung Kakanwil

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 13 Februari 2021 16:00, Dibaca 889 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Pengembangan jurnalis madrasah mendapatkan dukungan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H. Abd. Rasyid. Pernyataan dukungan itu dilontarkan H. Abd. Rasyid ketika bertemu dengan pengurus ekstrakurikuler jurnalistik MAN Kota Palangka Raya.

Wakil Kepala MAN Kota Palangka Raya Bidang Kehumasan Asran Dirun menceritakan, dirinya bersama Kepala MAN H. Ahd. Fauzi dan pengurus ekstrakurikuler jurnalistik belum lama tadi menemui Kakanwil H. Abd. Rasyid. Saat itu, Kakanwil menyatakan dukungannya atas upaya madrasah mengembangkan jurnalistik di kalangan pelajar.

(Baca Juga : Sambut Kedatangan Vaksin, Menag: Jangan Ragu Ikut Vaksinasi Covid-19)

“Dukungan itu tentu tidak hanya untuk MAN Kota Palangka Raya, namun juga untuk seluruh madrasah di Kalimantan Tengah yang memiliki program jurnalistik di madrasahnya masing-masing,” beber Asran Dirun, Sabtu (13/2/2021).

Menurut Kakanwil, lanjut Asran, ekskul jurnalis menjadi wadah bagi siswa untuk belajar dan mengembangkan kemampuannya, berkreasi dan berinovasi di bidang jurnalistik. Sebuah informasi yang disajikan madrasah baik melalui video pendek, berita web, media sosial tentu akan mendatang keuntungan bagi madrasah itu sendiri.

Oleh karenanya, Kakanwil minta suatu suatu produk jurnalistik yang dipublikasi ke khalayak harus dipastikan akurat dan tidak menimbulkan keresahan atau kekeliruan interpretasi oleh masyarakat.

“Saat itu, Kakanwil berharap jurnalis di madrasah bisa menyebarkan informasi tentang madrasah, baik itu pelayanan, prestasi, dan pembelajaran. Bahkan, jurnalis madrasah harus bekerja sama dengan humas Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dalam menyebarkan informasi perkembangan madrasah kepada masyarakat," ucap Asran menirukan pesan Kakanwil.

Tentang ekstrakurikuler jurnalis di MAN Kota Palangka Raya, Asran Dirun menjelaskan, ada empat divisi di Jurnalis Mankoraya, yaitu divisi video dan fotografi (vifografi), divisi berita, divisi media sosial, dan divisi desain kreatif (dekref). Semua divisi saling bekerja sama dalam membuat sebuah karya jurnalis.

"Narasi dalam berita dibuat oleh divisi berita, sedangkan fotonya dikerjakan oleh divisi vifografi. Begitu juga divisi media sosial, mereka bekerja sama dengan divisi dekref dalam pembuatan desain ucapan peringatan-peringatan hari besar nasional untuk dimuat di Instagram dan Facebook," terangnya. (Asdi/Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook