Empat Belas Orang Narapidana Rutan Palangka Raya Dapat Asimilasi

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 11 Februari 2021 16:58, Dibaca 69 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya melaksanakan pembebasan Narapidana melalui Asimilasi kepada 14 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid-19 berdasarkan Permenkumham Nomor 32 tahun 2020, Kamis (11/2/2021). Sebagai pengganti Permenkumham Nomor 10 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi bagi narapidana dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19.

Pada Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020 terdapat beberapa poin penyempurnaan. Diantaranya adalah terkait syarat dan tata cara pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi, pembatasan bagi tindak pidana tertentu, mengakomodir pemberian hak terhadap Warga Negara Asing, serta penerbitan Surat Keputusan secara online, yang akan terakomodir dalam Sistem Database Pemasyarakatan. Selanjutnya telah dilaksanakan serah terima 14 orang WBP tersebut kepada Kepala Seksi Bimbingan Klien Dewasa (BKD) untuk pengawasan dan pembimbingannya oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Palangka Raya.

(Baca Juga : Wakil Bupati Katingan Apresiasi Lahan Ketahanan Pangan Kebun Pisang Lapas Narkotika Kelas IIA Kasongan)


Sebelum dibebaskan dari Rutan, para warga binaan terlebih dahulu dibekali pemahaman dan ketentuan selama menjalani Asimilasi di rumah. Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Palangka Raya Suwarto, didampingi Kepala Pelayanan Tahanan Meldy berpesan kepada warga binaan untuk menjaga nama baik Rutan Palangka Raya, jangan berperilaku buruk, bahkan mengulangi kesalahan yang sama dan selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Tidak bosan-bosannya kami mengingatkan, asimilasi di rumah bukan berarti kalian bebas murni, tetapi masih ada aturan-aturan yang harus dijalankan oleh warga binaan, salah satunya wajib lapor kepada Pembimbing Kemasyarakatan (PK) selaku pengawas dalam program asimilasi di rumah," tegas Suwarto.


Ucapan terima kasih dan rasa syukurpun tak terbendung terlihat dari raut wajah warga binaan Rutan Palangka Raya. Setelah menerima SK asimilasi di rumah, 14 orang warga binaan tersebut diserahkan ke pihak Bapas Palangka Raya untuk laporan awal sekaligus dilakukan pembimbingan dan pengawasan oleh petugas Bapas. (Red-dok, Humas Kalteng, Februari 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook