MAN 1 Pulpis Sukses Terapkan e-Learning Madrasah

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 08 Februari 2021 15:04, Dibaca 123 kali.


MMCKalteng – Pulang Pisau -  Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) telah meluncurkan aplikasi pembelajaran secara online "e-Learning Madrasah" bagi  guru dan peserta didik madrasah. Aplikasi ini dibuat untuk mendukung pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid 19.

Memasuki tahun pelajaran 2021, MAN 1 Pulang Pisau (Pulpis) mulai menerapkan penggunaan e-Learning Madrasah dalam pembelajaran.

(Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Kalteng Adakan Coffee Morning Terkait Pelaksanaan SKD Catar Poltekip/ Poltekim)

“Kami sejak beberapa waktu lalu telah menerapkan e-Learning Madrasah,” jelas Kepala MAN 1 Pulpis, Sriyadi, Senin (8/2/2021).

e-Learning Madrasah, jelasnya, siswa dimungkinkan masuk ke dalam ruang kelas digital untuk mengakses materi-materi pembelajaran. Sementara guru dapat menginput materi pembelajaran dan tugas-tugas atau pekerjaan rumah (PR), maupun soal ujian.

Dari uji coba di MAN 1 Pulpis beberapa waktu lalu, seluruh guru dan siswa berhasil masuk dan melaksanakan pembelajaran melalui aplikasi E-learning Madrasah.

"Alhamdulillah, seluruh guru dan siswa bisa masuk ke kelas online melalui gawai masing-masing," kata Sriyadi.

Keberhasilan itu tak lepas dari dukungan tim yang dibentuk. Ketua tim E-Learning MAN 1 Pulpis, M. Aris mengatakan aplikasi e-Learning Madrasah terbukti memberi kemudahan bagi guru dalam pembelajaran online.

"Sistem pembelajaran menjadi terstruktur rapi, mulai dari pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), penentuan kriteria ketuntasan minimal (KTM), sampai dengan pemberian tugas kepada peserta didik," terang Aris.

Penggunaan aplikasi ini, kata Aris, akan terus dilakukan MAN 1 Pulpis selama masih diterapkannya pembelajaran jarak jauh guna mencegah penyebaran Covid 19. (Fajar/Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook