Rutan Palangka Raya Ikuti Latihan Menembak di SPN Tjilik Riwut Polda Kalteng

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 04 Februari 2021 09:50, Dibaca 243 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya ikuti kegiatan latihan menembak yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kalteng khususnya jajaran Divisi pemasyarakatan. Kepala Rutan Palangka Raya Suwarto bersama Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Erikjon serta 2 orang pegawai Rutan menghadiri kegiatan tersebut. Kegiatan dilangsungkan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Tjilik Riwut Polda Kalteng. Kegiatan berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 03 sd 04 Februari 2021. Kegiatan dimulai dari pukul 10.00 WIB, Rabu (3/2/2021).


Kegiatan ini bermaksud untuk memberikan pelatihan dan meningkatkan kemampuan menembak, pembinaan fisik, mental, disiplin satuan tugas keamanan dan ketertiban petugas Pemasyarakatan, sehingga dapat menggunakan senjata api dengan baik dan benar. Lapas dan Rutan sendiri merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang tidak akan lepas dari sistem keamanan dan ketertiban salah satunya penggunaan senjata api sehingga diperlukan kemampuan lebih dalam penggunaan senjata api.

(Baca Juga : Pegawai Rupbaskara Ikuti Sosialisasi SAKTI Web Full Module)


Kegiatan diawali dengan penyematan tanda peserta pelatihan menembak yang dipimpin oleh Kepala Divisi pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalteng Jumadi yang diwakilkan oleh 2 pegawai Rutan Palangka Raya yang akan disematkan tanda peserta. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi seputar penggunaan senjata jenis pistol oleh pelatih dari pihak SPN Tjilik Riwut Polda Kalteng. Materi yang diberikan Instruktur meliputi: selalu anggap senjata terisi peluru, arahkan senjata ke sasaran, jauhkan jari telunjuk dari pelatuk, amati sekeliling dan siap menembak. Jenis senjata yang digunakan adalah HS produksi Kroasia dengan Kaliber 9 ml dan jarak tembak efektif 50 meter. Selesai pemberian materi dari pelatihan, kegiatan dilanjutkan dengan makan siang.

Peserta dipersilahkan untuk melakukan praktik latihan menembak dengan didampingi instruktur. Masing-masing peserta secara bergantian menembak sasaran tembak masing-masing. Kegiatan latihan menembak berlangsung dengan tertib dan lancar. Sejak dimulai hingga berakhir, para peserta bersikap disiplin mengikuti kegiatan tersebut dengan semangat. (Red-dok, Humas Kalteng, Februari 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook