Aset Tanah Negara Harus Diamankan

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 18 Desember 2020 09:00, Dibaca 190 kali.


MMCKalteng - Barito Timur - Setiap aset negara harus diamankan agar bisa berkontribusi optimal dalam menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama. Termasuk di dalamnya adalah aset tanah yang memerlukan sejumlah langkah pengamanan.

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Barito Timur (Bartim) diminta untuk mengamankan aset tanah yang menjadi lokasi berdirinya bangunan instansi itu. Caranya adalah membangun pagar mengelilingi lokasi tanah tersebut.

(Baca Juga : Kembali Jalin Silaturahim, Kalapas dan Kabapas Muara Teweh Sambangi PN Muara Teweh)

Permintaan itu dilontarkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H. Abd. Rasyid saat berkunjung ke Kemenag Bartim, Jumat (18/12/2020). Menurutnya, pemagaran tanah menjadi salah satu cara untuk mengamankan aset negara itu.

“Segera saja disusun perencanaannya untuk membangun pagar keliling. Ini harus diamankan aset tanahnya,” pinta H. Abd. Rasyid.

Pengamanan aset tanah juga menjadi amanat Keputusan Menteri Agama Nomor 730 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengamanan Barang Milik Negara Pada Kementerian Agama. Menurut aturan tersebut, salah satu bentuk pengamanan aset tanah adalah dengan membangun pagar.

“Setidaknya ada patok batas yang menunjukkan sampai dimana tanah Kementerian Agama itu,” tegas H. Abd. Rasyid.

Menanggapi hal itu, Kepala Kemenag Bartim H. Abdul Majid Rahimi mengaku akan segera menyusun rencana anggaran yang diperlukan. Dia pun memohon agar usulan itu didukung Kakanwil sehingga bisa terealisasi.

"Untuk bukti kepemilikan, kami telah memiliki sertifikat. Sementara untuk pembangunan pagarnya kami terkendala anggaran, akan segera kami tindaklanjuti perintah bapak Kakanwil," kata H. Abdul Majid.

Peninjauan ke sekeliling Kemenag Bartim itu sendiri dilakukan usai silaturahmi Kakanwil H. Abd. Rasyid bersama pegawai Kemenag setempat. Kakanwil juga menyempatkan diri melihat ruang kerja dan membuka selubung papan nama tanah wakaf. (Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook