Pentingnya FGD Dalam Penyusunan Survei Disagregasi PMTB

Kontribusi dari Rikah Mustika, 15 Oktober 2018 11:17, Dibaca 511 kali.


MMCKalteng-Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) di Hotel Swiss-bel Danum Palangka Raya, yang dibuka oleh Asisten II Administrasi Perekonomian dan Pembangunan. Drs. Nurul Edy, M.Si, Senin (15/10).

Kasubdit Neraca Modal dan Luar Negeri BPS RI, Hadi Susanto,S.Si, MA, selaku narasumber menjelaskan terkait Program Prioritas Nasional Punyusunan Disagregasi PMTB. PMTB merupakan investasi fisik yang menunjukkan penambahan dan pengurangan aset tetap pada suatu unit produksi, yang dapat membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan untuk meningkatkan iklim investasi dan mempermudah investor dalam berusaha. Selain itu, data PMTB juga membantu dunia usaha dalam menentukan arah kebijakan usahanya.

(Baca Juga : Sekda Kalteng Ikuti Rakorsus Sosialisasi Inpres Nomor 6 Tahun 2020)

Saat ini data PMTB yang tersedia mencakup keseluruhan, sehingga tidak diketahui siapa saja yang melakukan investasi dan usaha apa yang bergerak di lapangan. Diharapkan kedepannya data barang modal yang dimiliki oleh pelaku ekonomi domestik dapat dilihat produktivitas dan efisiensi barang modalnya, dengan cara menyandingkan dengan nilai tambah yang dihasilkan.

Melalui FGD ini bertujuan menggali informasi untuk melengkapi kebutuhan data dalam penyusunan Survei Disagregasi PMTB, meningkatkan pemahaman mengenai proses bisnis dan belanja modal di perusahaan secara lebih mendalam, serta membangun jaringan antara BPS dan sumber data melalui user engangement dalam penyusunan statistik. (Rikah / Foto : Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook