Kadis Kominfo Imbau Masyarakat Kalteng Hati-Hati Menerima Informasi

Kontribusi dari Widia Natalia, 04 Juni 2021 10:12, Dibaca 92 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DiskominfoSantik) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Agus Siswadi menjadi Narasumber dalam acara Dialog pagi yang ditayangkan di TVRI Kalteng. Dialog kali ini mengangkat Topik “Waspada Hoax, Saring sebelum Sharing”.

Acara dilangsungkan di Studio TVRI Kalteng secara live, Jumat (04/6/2021). Acara dipandu oleh pembawa acara TVRI Kalteng Neni Maria.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Raih Opini WTP Keempat Kalinya)

Seperti diketahui, Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat selain membawa dampak positif, ternyata juga membawa dampak negatif. Salah satu dampak negatif yang cukup meresahkan adalah munculnya informasi palsu atau lebih popular dikenal dengan istilah hoax.

Dalam pernyataannya Plt. Kepala Dinas KominfoSantik Prov. Kalteng Agus Siswadi mengatakan "Secara regulasi Kominfo yang mengeluarkan data hoax setiap hari. Data-data hoax tersebut didapatkan dari Daerah kemudian masuk Kominfo Pusat dan itu yang keluar setiap hari dan di publish setiap hari”.

Agus Siswadi menyampaikan hoax bisa menjadi pemicu munculnya keributan, keresahan, perselisihan bahkan ujaran kebencian.

“Hoax inikan sebuah kemasan yang sangat cantik, dikemas begitu menarik sekali, sesuatu yang palsu tetapi dijual menjadi kebenaran sehingga dianggap benar. Hoax dan kebenaran sangat beda tipis. Semakin hebatnya teknologi, seakan-akan semua itu benar dan lagi masyarakat lebih cenderung membagikan ketimbang mencari kebenaran informasi itu”, imbuhnya.

Agus Siswadi mengutarakan untuk saat ini untuk wilayah Kalteng, informasi hoax yang kerap beredar dan belum diyakini kebenarannya yakni informasi tentang vaksin dan Covid-19.

Plt. Kepala Dinas KominfoSantik Prov. Kalteng menghimbau kepada seluruh masyarakat Kalteng khususnya agar menghindari hoax yakni jangan  mudah percaya dengan foto atau video yang beredar, hati- hati membagikan informasi atau berita yang dibaca dan hati-hati dengan judul provokatif dan baca keseluruhan isi informasi atau berita. Terkait data hoax dapat dilihat melalui website kominfo.id.(WDY/Foto:Fajrin)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook