Capaian di Multisektor Selama 3 Tahun Kepemimpinan Sugianto-Habib

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 27 Mei 2019 10:54, Dibaca 441 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dari sektor pariwisata, juga mengalami kemajuan dan pada bulan oktober 2018 taman nasional Tanjung Puting Kotawaringin Barat telah disinggahi 70 yachter.

Ini tentunya diharapkan dapat mempopulerkan nama Kalimantan Tengah di tingkat dunia sebagai salah satu destinasi wisata. Ke depan, kita akan melakukan upaya pengembangan destinasi wisata yaitu antara lain taman nasional sebangau, gosong sanggora dan pantai ujung pandaran, dan saat ini Prov. Kalteng telah mengusulkan ke pemerintah pusat untuk menjadikan salah satu destinasi wisata di Prov. Kalteng menjadi Bali.

(Baca Juga : Layanan Psikologi Gratis Bagi Pengunjung Kalteng Trade Expo 2018)

"Kebanyakan wisatawan mancanegara ke Taman Nasional Tanjung Puting," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Guntur Talajan saat mengikuti FGD di Aula Bappedalitbang, Selasa (21/5).

Dari sektor kesra Prov. Kalteng telah melaksanakan program PKH dimana pada tahun 2016 sebanyak 31.000 KK menjadi 48.181 KK pada tahun 2018. Selain itu Pemprov. Kalteng juga telah berhasil melaksanakan program penanganan KAT dimana jumlah KAT yang ditangani selama 3 (tiga) tahun terakhir sebanyak 444 KK.

Dari sektor pembinaan Bumdes telah terbentuk 910 Bumdes dengan 3.250 orang pengurus dan 223 orang tenaga kerja. Bidang pemuda dan olahraga, Prov. Kalteng sukses mengadakan jambore pemuda indonesia yang dihadiri oleh 2.000 pemuda se- Indonesia. Selain itu pada 2017 dan 2018 Kalteng juga dipercaya pemerintah pusat sebagai titik singgah kirab pemuda se-Indonesia.

Pada tahun 2019 Pemprov. Kalteng (6 Kabupaten/Kota) masuk nominasi penghargaan Kabupaten/Kota layak anak, yang akan diumumkan pada tanggal 23 juli 2019 pada acara Forum Anak Nasional di Makassar yang dihadiri bapak Presiden.

Hasil studi Bappenas tentang lokasi calon Ibukota pemerintahan dan Kalteng menjadi salah calon bahkan Presiden RI telah meninjau calon lokasi Ibukota di Kalteng pada tanggal 7-8 mei 2019 yang lalu.

 

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook