Dukung PMI Kobar, Para ASN Dinas Perikanan Ikuti Donor Darah

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 22 Januari 2021 15:59, Dibaca 226 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Dalam rangka mengisi kegiatan yang bermanfaat bagi kemanusiaan, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) melaksanakan kegiatan Donor Darah bagi pegawai dinas dan masyarakat umum yang peduli terhadap kemanusiaan di kantor Dinas Perikanan, Jumat (22/1/2021). Menurut Petugas PMI Kobar yang diwakili Candra Nofriansyah, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya antisipasi dan menjaga agar stok darah selalu tersedia untuk masyarakat yang memerlukan transfusi darah.

“Kebutuhan stok darah untuk PMI Kobar mencapai 350-450 kantong darah/bulan. Kebutuhan ini mengalami peningkatan disebabkan PMI Kobar melayani kebutuhan darah untuk daerah Kabupaten Sukamara dan Lamandau,” ungkap Candra.

(Baca Juga : Penanggulangan Covid-19 Pulang Pisau Relatif Positif dan Masif)

Kepala Diskan Kobar Rusliansyah mengatakan akan terus mendukung PMI dalam rangka penyediaan darah untuk kegiatan kemanusiaan di wilayah Kobar dan sekitarnya.

“Saya merasa bersyukur dan berterima kasih atas antusias dari para ASN, Tenaga Kontrak Daerah dan Penyuluh Diskan Kobar yang telah sukarela mendonorkan darah, hal ini mununjukkan bahwa bentuk kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan darah,” ucap Rusliansyah.

“Alhamdulillah donor darah kali ini dari yang mendaftar dan yang memenuhi syarat untuk menjadi pendonor Diskan Kobar memperoleh 11 kantong. Dan Insya Allah kegiatan ini akan menjadi agenda rutin di luar kegiatan kedinasan,” tutup Rusliansyah.

Pada kegiatan donor darah kali ini tercatat 21 orang pegawai Dinas Perikanan mendaftarkan menjadi pendonor, namun hanya 11 orang yang diperkenankan mendonorkan darahnya. Sedangkan 10 orang yang lainnya tidak diperkenankan, sebab dari hasil pemeriksaan awal tidak memenuhi syarat dikarenakan beberapa hal, diantaranya baru melakukan donor yang belum sampai 1 bulan, hasil pemeriksaan HB darah rendah, atau ada juga yang terekam mempunyai riwayat tekanan darah tinggi.

Pada akhir kegiatan, Candra mengucapkan terima kasih kepada para pegawai yang berkenan melaksanakan dan mengikuti kegiatan donor darah ini dan berharap pada tiga bulan ke depan dapat melaksanakan kegiatan ini kembali. (nita&razak/diskan kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook