Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong Ikuti Virtual Zoom Dalam Rangka Mendorong Pembangunan Desa Berkelanjutan

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 29 Desember 2020 14:57, Dibaca 99 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong ikuti virtual zoom dalam rangka mendorong pembangunan desa berkelanjutan dan mencermati dampak dari penerapan Undang Undang Cipta Kerja terhadap daerah, yang dilaksanakan dari Ruang Rapat Lantai 1 Kantor Bupati Gunung Mas, Selasa (29/12/2020).

Sebagai narasumber, Anggota DPD RI daerah pemilihan Provinsi Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang mengatakan, “Apa yang kita lakukan ke depan khususnya di tahun 2021 mendatang supaya kita melihat sejenak ke belakang yaitu sejak bulan maret tahun 2020 yang lalu kita telah dikejutkan oleh satu kejadian yang sangat luar biasa yang di luar dari prediksi kita, tidak ada satupun negara di dunia ini yang mampu untuk memprediksikan akan terjadinya wabah atau pandemik Covid-19 ini,” ucapnya.

(Baca Juga : Tindak Tegas Pembakar Lahan)

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pandemi Covid-19 ini dimulai pada akhir tahun 2019, yaitu di kota Wuhan di Republik Rakyat Cina dan kita sudah mengikuti perkembangannya. Namun kita menyadari bahwa pandemik ini kita anggap bisa masuk ke negara kita mengingat negara kita adalah negara tropis,” ujar Teras Narang.

“Kejadian luar biasa ini kita alami sampai saat ini dan tidak ada satupun negara yang berani menyatakan bahwa mereka bebas dari Covid-19, termasuk negara Republik Rakyat Cina, kendatipun mereka memang yang terpapar oleh pandemi Covid-19 ini amat sangat bisa diprediksi atau dikurangi. Tetapi mereka tidak menyatakan mereka terbebaskan oleh Pendemi Covid-19,” sambungnya.

“Ini suatu kejadian yang kita hadapi bersama, akibatnya telah terjadi perubahan juga terhadap perekonomian kita, terhadap keuangan kita, terhadap kesehatan dan banyak saudara-saudaraku yang telah melakukan perubahan-perubahan yang berkenaan dengan kebijakan, baik oleh pemerintahan nasional, oleh pemerintahan provinsi dan juga oleh pemerintahan kabupaten kota sampai ke tingkat pedesaan,” ucap dia.

Perubahan-perubahan inilah yang harus kita hadapi dalam rangka untuk kita menghadapi tahun 2021. Tahun 2021 sebagaimana kita ikuti bersama, kita sudah banyak mendengar tentang masalah vaksin. Banyak negara-negara menggunakan vaksin dan banyak pula negara-negara yang melakukan penelitian berkenaan dengan penggunaan vaksin termasuk negara kita.

Untuk itu, di negara kita sudah dilakukan satu upaya untuk mempercepat pelaksanaan dan penanganan vaksin dan kita berharap pada tahun 2021 vaksin ini sudah bisa disampaikan kepada rakyat Indonesia. Presiden sudah menyatakan bahwa vaksin ini diberikan kepada rakyat Indonesia secara gratis.

Selain itu, Teras Narang juga menyampaikan apakah dengan vaksin ini Covid-19 ini berakhir, tidak ada satupun para ahli kesehatan termasuk diantaranya WHO pun tidak pernah menyatakan bahwa vaksin akan bisa mencegah terjadinya Covid-19. Tahun 2021 adalah tantangan bagi kita dan inilah yang harus kita lalui sebagai umat yang beragama, tiada kata lain disamping kita bekerja kita selalu berdoa (Ora Et Rabola), dan kita juga menjaga kesehatan kita. Inilah kondisi yang kita hadapi dan pemerintah tidak berhenti dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat akan terus kita lakukan dan kita upayakan semaksimal mungkin.

Beliau berharap kepada pimpinan daerah yang dipercayakan oleh rakyatnya untuk menjadi pemimpin di daerahnya masing-masing agar terus tingkatkan pelayanannya kepada rakyatnya. Di tahun 2021 akan banyak program-program nasional, dapat dilihat dari program nasional yang dicanangkan oleh Bapenas yang juga merupakan keputusan Bapak Presiden RI bahwa ke depan disamping Kalimantan Tengah dipercayakan sebagai lumbung pangan nasional yaitu di dua Kabupaten, Kapuas dan Pulang Pisau, juga akan dicanangkan untuk membangun kembali rel kereta api yang tertunda. Selain itu, Provinsi Kalimantan Tengah juga adalah daerah penyangga yang akan dibangun nanti Ibu Kota Negara.

“Saya meyakini bahwa Bupati dan dibantu oleh Camat dan dibantu juga oleh Kepala Desa oleh Lurah dan juga dibantu oleh cendikiawan-cendikiawan Kalimantan Tengah, marilah kita menyongsong ke depan semangat yang kita dorong bersama dalam rangka kita untuk membuat agar kiranya Provinsi Kalimantan Tengah merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang mampu memberikan kontribusi dalam rangka meningkatkan kehidupan berbangsa dan bernegara,” imbuhnya.

“Sekarang Kementerian Desa Pembangunan Dearah Tertinggal dan Transmigrasi akan membuat suatu program satu tujuan pembangunan yang berkelanjutan untuk program-program di desa,” pungkasnya. (Iswanto / Foto: Iswanto)

 

   

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook