Diskominfo Kapuas Sosialisasikan SIM-S

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 08 November 2018 11:23, Dibaca 1,185 kali.


MMCKalteng - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas melalui Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas, Dr H Suwarno Muriyat mensosialisasikan Pengelolaan Sistem Informasi dan Manajemen Sekolah pada guru-guru di SMP Negeri 1 Selat Kuala Kapuas, Kamis (8/11) siang.

Penyampaian tersebut dilaksanakan pada Sosialisasi Pengembangan Ekosistem Pendidikan Yang Kondusif Tahun 2018 yang digelar oleh SMP Negeri 1 Selat Kuala Kapuas. H Suwarno Muriyat yang pernah menjabat Kabid Pendidikan Dasar Disdik Kapuas itu menguraikan secara rinci  pengembangan SIM S (Sistem Informasi dan Manajemen Sekolah) dihadapan peserta sosialisasi.  “SIM S yang sudah dikembangkan oleh beberapa sekolah ini dapat dilaksanakan jika telah memenuhi enam komponen yakni sumber manusia yang kompeten dalam mengelola aplikasi, perangkat keras, perangkat lunak, basis data, prosedur dan jaringan komputer/komunikasi data” jelas H Suwarno.

(Baca Juga : Diskominfostandi Gelar Rapat Draft Perbup Pedoman Pelaksanaan Kerja Sama Publikasi)

Terdapat 8 Sistem Informasi dalam SIM S yakni Portal Sekolah,  Personalia, Sarana dan Prasarana,  Keuangan,  Data Siswa,  Akademik,  Perpustakaan dan sistem E-Learning  berupa proses pendidikan sistem online/intranet bagi siswa dan guru.

Terkait rencana penerapan Tunjangan Perbaikan Penghasilan pada tahun 2019, sangat dipengaruhi ketersediaan aplikasi dan jaringan. Dimana setiap ASN harus melaporkan segala aktifitasnya dalam melayani/menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Walaupun demikian ujar pria yang juga alumni SMPN 1 Selat Kuala Kapuas ini akan melakukan survey ketersediaan jaringan atau blankspot dalam penetapan penggunaan digital system atau manual.

Ia dalam kesempatan itu juga memperkenalkan SIBER (Sistem Informasi dan Berita Terpadu) yang baru saja dilaunching oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT beberapa waktu lalu. “Bapak dan Ibu dapat melakukan komunikasi maupun mencari informasi melalui Kapuas Infokom Publik (KIP), yang mana didalamnya berisi tentang berita serta artikel yang dapat menjadi bahan pembelajaran bagi guru-guru untuk disampaikan kepada anak-anak.

Dalam SIBER ini tersedia juga LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) saran, pendapat atau masalah apa saja, sampaikan langsung melalui Lapor dan dalam waktu tertentu admin yang berada pada Diskominfo akan mendistribusikan kepada Perangkat Daerah atau langsung kepada Bapak Bupati Kapuas untuk penanganan dan tindaklanjut atas laporan dari masyarakat” pungkas Suwarno. (hmskominfo)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook