Seminar Proyek Perubahan Kadiv Administrasi Angkat Topik Kedisiplinan Pegawai Melalui Aplikasi SI PIAWAI

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 18 Desember 2020 09:39, Dibaca 166 kali.


MMCKalteng - Jakarta - Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Kalteng, Ikmal Idrus mengikuti ujian seminar Implementasi Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II angkatan XIX dan XX. Pelaksanaan seminar secara langsung menghadirkan Peserta, Penguji dan Coach bertempat di Kampus Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM menggunakan ruang outdoor yang tersedia.

Di tempat terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, Ilham Djaya selaku Mentor mengikuti seminar proyek perubahan melalui Aplikasi Zoom Meeting, Rabu (16/12/2020). Adapun selaku coach pada seminar proyek perubahan, Kadiv Administrasi yaitu Widyaiswara Lembaga Administrasi Negara (LAN), Suharyoto dan selaku penguji adalah Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM (Balitbangkumham), Sri Puguh Budi Utami.

(Baca Juga : Kalapas Sampit Ikuti Pembekalan Keamanan)

Kepala Divisi Administrasi memulai ujian dengan menjelaskan tentang Proyek Perubahan yang telah dibuat yaitu Strategi Peningkatan Kedisiplinan Pegawai melalui Aplikasi Sistem Pengawasan Internal Pegawai (Si piawai) di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalteng. SI PIAWAI (Sistem Pengawasan Internal Pegawai) adalah program input data kegiatan pegawai dengan menggunakan aplikasi mobile. Pemanfaatannya dapat dilakukan pada saat apel pagi atau sore serta izin meninggalkan kantor, baik karena suatu penugasan atau urusan pribadi.


Kehadiran para pegawai perlu dipantau secara langsung dengan cara pegawai tersebut melaporkan kegiatan yang sedang ia lakukan saat ini (real time) menggunakan aplikasi SI PIAWAI. Manfaat dari proyek perubahan ini adalah mengoptimalkan aspek profesionalisme dan integritas pegawai sebagai perwujudan dari tata nilai PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergis, Transparan, Inovatif) di lingkungan kerja Kanwil Kemenkumham Kalteng. Hal tersebut akan mendorong terciptanya  pelayanan publik yang cepat, tanggap, dan stand by to services kepada masyarakat sehingga terwujud pelayanan publik yang prima di Kanwil Kemenkumham Kalteng.

Suharyoto selaku Coach berharap keberadaan SI PIAWAI dapat meningkatkan kedisiplinan pegawai secara kontinyu dan dapat direplikasi pada berbagai UPT di Kalimantan Tengah. Sementara, Kepala Balitbangkumham selaku penguji memberikan apresiasi atas terimplementasi aplikasi SI PIAWAI. Penguji menekankan bahwa SI PIAWAI harus dapat menjadi solusi kedisiplinan pegawai serta dapat berkolaborasi dengan SIMPEG.


Di akhir seminar, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah mendukung penuh penggunaan SI PIAWAI sehingga dapat meningkatkan kedisiplinan di lingkungan Kemenkumham Kalteng. “Saya harap apa yang telah diangkat dalam proyek perubahan ini benar-benar bermanfaat dan memberikan nilai positif demi organisas,” ungkapnya. (Red-Dok, Humas Kalteng, Des’2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook