Kakanwil Kemenag: Humas Penting Untuk Cegah Hoaks

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 08 Desember 2020 10:00, Dibaca 211 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Penyebaran berita bohong atau hoaks masih sering terjadi melalui berbagai saluran. Diperlukan kerja keras berbagai pihak untuk mencegah munculnya informasi salah tersebut, salah satunya melalui keberadaan humas di instansi pemerintah.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Tengah H. Abd. Rasyid dalam kegiatan Focus Group  Discussion (FGD) Kehumasan Kantor Kemenag Kabupaten Gunung Mas di Palangka Raya, Selasa (8/12/2020). Menurut H. Abd. Rasyid, humas pemerintah harus bisa menyajikan informasi yang dipercaya masyarakat.

(Baca Juga : Kalapas Ajak Seluruh Warga Binaan Kunjungi Agrowisata)

“Dengan begitu, masyarakat bisa mendapatkan informasi melalui sumbernya langsung sehingga jika beredar berita lain yang ternyata adalah hoaks akan bisa disaring dan dibedakan masyarakat,” ujarnya.

Apabila humas pemerintah tidak hadir dengan berbagai informasi yang akurat, termutakhir, dan kredibel, imbuh H. Abd. Rasyid, maka bisa membuat masyarakat memilih sumber informasi lain yang mudah didapat. Kondisi tersebut akan menjadikan hoaks bisa menyebar dan memberikan kerugian tersendiri bagi masyarakat maupun instansi pemerintah.

Mantan Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara ini berharap humas pada Kantor Kemenag Kabupaten Gunung Mas bisa mengoptimalkan potensi media publikasi yang telah tersedia. Misalnya dengan memanfaatkan website mandiri Kemenag setempat yang beralamat pada domain kemenag.go.id.

Menghadirkan informasi dan data seputar Kementerian Agama juga bisa dilakukan melalui media sosial. Dengan begitu, masyarakat bisa mendapatkan berbagai hal yang diperlukan sehingga lebih mempercayai informasi dari media publikasi Kementerian Agama, bukan dari media lain yang kurang kredibel.

“Ini jadi pekerjaan yang tidak mudah, namun juga tidak sulit jika memang kita berkomitmen untuk mengoptimalkan kehumasan di lembaga kita. Dan kondisi ini juga berlaku bagi satuan kerja Kementerian Agama lainnya di Kalimantan Tengah,” tegas H. Abd. Rasyid.

“Jadi saya mengajak dan meminta seluruh satuan kerja Kemenag Kalimantan Tengah untuk menghadirkan informasi kepada publik sehingga masyarakat akan menjadikan media website atau media publikasi kita lainnya sebagai sumber acuan utama dan pertama,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Gunung Mas H. Anang Rusli menegaskan komitmennya untuk memperkuat implementasi kehumasan. Website Kemenag setempat yang telah ada sejak beberapa tahun terakhir akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"FGD ini menjadi sarana penguatan komitmen kami tersebut," kata H. Anang Rusli. (Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook