Lapas Palangka Raya Ikuti Workshop SIMWas Itjen Versi 3.0, SIPIDU dan E-Was

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 02 Desember 2020 17:21, Dibaca 120 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya mengikuti Workshop Penguatan Pengawasan melalui Penerapan Aplikasi Sistem Manajemen Pengawasan (SIMWas) dan Sistem Informasi Pengaduan Integrasi dan Terpadu (SIPIDU) serta E-Was secara virtual melalui aplikasi Zoom, Selasa (1/12/2020). Kegiatan yang bertempat di Aula Atas Lapas Palangka Raya ini diikuti oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Amidhan, Kepala Urusan Kepegawaian dan Keuangan, Harjono, beserta 3 (tiga) staf Kepegawaian antara lain Rosita, Pristika Astri dan Pepri Melinda.


Dalam pembukaan workshop, Inspektur Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto, menjelaskan bahwa aplikasi ini dibangun untuk memberikan kepastian hukum kepada masyarakat. Beliau juga mengatakan dalam adaptasi kebiasaan baru ini kita harus berubah menjadi digitalisasi, “Suka ngga suka, senang ngga senang, mau ngga mau kita harus berubah menjadi digital,” ungkap Andap.

(Baca Juga : Di Sela Apel Pagi, Kepala Lapas Palangka Raya Periksa Kelengkapan Atribut Pegawai)


Menurut Andap, hadirnya E-Was merupakan bentuk pengawasan dari luar dengan pertimbangan bagaimana Kemenkumham mengimplementasikan adaptasi kebiasaan baru serta merekam aduan-aduan dari masyarakat.

“Banyak masyarakat yang males melapor ke kita karena laporannya tidak ditindaklanjuti, karena ada aduan yang tidak terdeteksi jadi saya buat E-Was,” ungkapnya. (Red-dok, Humas Kalteng, Desember 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook