Kepala Disbudpar Kalteng Inginkan FOB Tercatat Menjadi Kalender Event Pariwisata

Kontribusi dari Widia Natalia, 29 November 2020 20:45, Dibaca 377 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Guntur Talajan hadiri kegiatan Malam Penganugerahan Festival Orangutan Borneo (FOB) yang didukung oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, bertempat di  Upt. Taman Budaya Kalimantan Tengah, Gedung Teater Terbuka, Palangka Raya, Minggu malam (29/11/2020). FOB merupakan kegiatan yang diikutkan dalam seleksi proposal untuk program Fasilitasi Bidang Kebudayaan (FBK) Tahap II tahun 2020 oleh Kemendikbud dan FOB menjadi salah satu yang terpilih dan dipercaya untuk mewujudkan gagasan yang diajukan.

FOB mengusung tema atau dasar karya tentang Hutan dan Orangutan. FOB diharapkan menjadi pilihan ruang untuk masyarakat luas dalam berkarya dan berkreatifitas, menjadi ruang opsional ditengah maraknya ajang virtual akibat pandemi COVID-19. FOB diharapkan juga dapat menjadi momentum penyadartahuan masyarakat secara luas dengan berbagai media tentang status Orangutan yang terancam punah.

(Baca Juga : Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Berlangsung Meriah)

Kegiatan FOB meliputi 5 kategori lomba yaitu Lomba Cipta Lagu, Lomba Cipta & Baca Puisi, Lomba Video Kreatif, Lomba Desain Ilustrasi dan Lomba Ukir Talawang. Selain itu, ada kegiatan diskusi/webinar tentang Hutan & Orangutan. Kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum yang berdomisili di Kalteng. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober – 24 Oktober 2020.

Ketua Pelaksana Abdul Khafizd Amrullah pada saat menyampaikan laporannya, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung pelaksanaan kegiatan FOB Tahun 2020 yang telah bekerja keras mengawal kegiatan ini dari awal hingga akhir.

Pada malam penganugerahan juara dari masing-masing kategori lomba, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng Guntur Talajan didaulat untuk memberikan sambutan sekaligus menjadi salah satu yang menyerahkan hadiah secara simbolis Juara Lomba di Festival.  Guntur Talajan dalam sambutannya mengatakan FOB memberikan edukasi sosialisasi dan simulasi oleh generasi milenial kepada masyarakat dan secara luas kepada dunia. Guntur Talajan menuturkan festival ini akan menarik perhatian masyarakat baik Nasional bahkan dunia untuk datang ke Kalteng untuk berwisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng berharap festival ini terus berlanjut dan tercatat menjadi kalender event Pariwisata untuk Tahun-Tahun yang akan datang.

“Tetapkan di kalender event, jadi setiap Tahun kita laksanakan”, tutur Guntur Talajan.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Komite Seni Budaya Nasional Elisae Lambung, Kepala UPT Taman Budaya Suraji,  Dewan Kesenian Palangka Raya  serta para tamu undangan FOB.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook