Hati-Hati dan Bijak Gunakan Media Sosial

Kontribusi dari Misyuwe, 29 November 2017 16:30, Dibaca 763 kali.


MMCKalteng- Seminar Menggalakkan Etika Jurnalistik Untuk Para Netizen yang dilaksanakan di Neo Palma Hotel Bahaur Ballroom, Palangka Raya, Kalimantan Tengah Rabu (29/11) juga mengangkat topik tentang Pemberitaan Pers Yang Bermatabat Sebagai Solusi Menanggulangi Ketergantungan Masyarakat Terhadap Media sosial. Nurjaman, didaulat membawakan materi tersebut.

wartawan senior ini mengajak Netizen agar lebih hati-hati dan lebih bijak lagi dalam menyampaikan ataupun menangkap informasi dari media cetak ataupun media sosial dan menghimbau sebelum menyebar informasi, pikirkan dulu akibatnya dimasa yang akan datang.

(Baca Juga : Staf Ahli Gubernur Ingatkan ASN Agar Rutin Berolahraga)

Dalam paparannya, beberapa kali disampaikan bahwa sorga neraka ada di gadget kita, ditangan kita. Ukuran benar salah ada di hati nurani sendiri. Oleh sebab itu kita harus dapat lebih bijak menerima informasi dan menyampaikannya. Selain itu  juga disampaikan bahwa seorang jurnalistik haruslah independen dan dituntut untuk berpihak kepada kebenaran dan mencari informasi yang benar dan tidak hanya berpihak pada satu pihak saja demi mencari keuntungan pribadi.

Materi yang disampaikan dengan cara memperlihatkan video-video seperti apa yang layak untuk di share di publik atau yang tidak. Dan pilihan jawaban dilemparkan kepada peserta untuk memikirkan dan mempertimbangkannya lagi yang mana yang baik  atau tidak. Para pesertapun sepakat untuk menjawab dan memilih informasi dan menyebarkan berita-berita ataupun video yang baik untuk layak di share atau tidak.

Melalui seminar yang dilakukan ini membuka kembali pikiran Netizen terutama dalam lebih bijak dan hati-hati menyampaikan informasi melalui video-video ataupun berita-berita kepada publik. (Yuwe/Foto: Egha)

Misyuwe

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook