Gubernur H. Sugianto Sabran Menjalin Silaturahmi Dengan Pemdamping Desa Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa se-Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 22 September 2020 13:46, Dibaca 363 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menghadiri silaturahmi  dengan Pemdamping Desa Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD)  se-Kalteng secara virtual melalui video conference bertempat di Aula Jayang Tingang lantai II Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (22/09/2020). Kegiatan silahturahmi yang dirangkai dalam Rapat Kerja Penyelenggaraan Pemerintah Desa Se-Kalteng Angkatan III Tahun 2020 dilaksanakan selama 3 hari mulai dari 22-24 September 2020.

Dalam arahannya saat menyampaikan tentang kebijakan Pemerintah Daerah Provinsi (Prov) Kalteng Tahun 2020, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menuturkan bahwa tujuan kegiatan ini  adalah saling silahturahmi.

(Baca Juga : Perayaan Natal Gabungan Keluarga Besar KORPRI, PHBK dan DAD digelar di Stadion Sanaman Mantikei)

"Walaupun  di masa pandemi Covid-19 ini kita tetap bertugas seperti biasa untuk memajukan Kalimantan Tengah yang kita cintai serta saling bersinergisitas Kabupaten/Kota dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah" ungkapnya.

H. Sugianto Sabran juga memaparkan mengenai peran strategis pendamping Desa dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di Kalteng. Tenaga pendamping merupakan salah satu instrumen penting, dan garda terdepan didalam menyukseskan pelaksanaan pembangunan di Desa.

Keberadaan para pendamping Desa yang bertugas dilapangan yang tersebar di 13 Kabupaten, 136 Kecamatan dan 1.432 desa yang ada diseluruh wilayah Kalteng, merupakan modal dan kekuatan besar dalam melaksanakan pembangunan. Aktifitas para pendamping Desa yang setiap hari berbaur dan mendampingi  masyarakat dan aparatur desa, menjadi sangat strategis didalam mempercepat akselerasi pelaksanaan pembangunan di Kalteng.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini juga mengingingkan adanya kesamaan Visi & Misi Program P3MD sangat sejalan dengan Visi dan Misi Pemerintah Prov. Kalteng, khususnya pada misi yang ke empat yaitu percepatan pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan.

Kesamaan visi dan misi inilah yang membuat seluruh capaian pembangunan di Kalteng yang terkait dengan penyaluran dan pemanfaatan Dana Desa cukup berhasil, karena  dukungan kebijakan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah dalam mempercepat seluruh proses tahapan Dana Desa sehingga dapat sampai pada tahap pelaksanaan di desa masing-masing.

Salah satu harapan Gubernur agar paling lambat  Tahun 2024 seluruh Desa di Kalteng sudah menjadi Desa Mandiri dan Desa Maju.

“Untuk itu harapnya  pendamping Desa bekerja keras bersama-sama secara tulus ikhlas agar mendapatkan hasil yang baik untuk membangun daerah maju dan tidak ada lagi Desa terbelakang dengan pembangunan Infrastruktur, sarana pendidikan dan sarana kesehatan”, imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, H. Sugianto Sabran menegaskan bahwa membangun Kalteng jangan pernah dikaitkan dengan urusan politik.

"Kewajiban kita semua untuk saling bahu membahu untuk bersama membangun, terlebih selaku Kepala Daerah, wajib hukumnya untuk terus melakukan pembangunan , dengan mengenyampingkan perbedaan agama, suku, wilayah, bahkan pandangan politik. Seketika kita menonjolkan  perbedaan, maka  kita akan jauh tertinggal, bangsa lain sudah sampai ke bulan, kita hanya bangga menjadi penjual terang bulan, maka kesampingkan perbedaan, karena perbedaan itu membuat kita makin kaya dan kuat" pungkasnya.

Gubernur juga memberikan Apresiasi dan Penghargaan yang setinggi-tingginya  kepada seluruh Pendamping Desa.

“Selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya  kepada seluruh pendamping Desa di semua tingkatan yang selama ini telah bekerja keras, tulus, tanpa pamrih, dalam mendampingi Pemerintah dan masyarakat Desa, sebagai upaya kita bersama untuk mensukseskan pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah yang kita cintai” tutup Gubernur.

Turut hadir Sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng diantaranya Inspektur Prov. Kalteng H. Sapto Nugroho, Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng Yuren S. Bahat, Kepala Dinas PUPR Prov. Kalteng Shalahuddin, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng H. Darliansjah, Kepala Biro Umum Setda Prov. Kalteng Lisda Arriyana,  Plt. Kepala Dinas PMD  Prov. Kalteng H. Rojikinnor, Plt Kepala Dinas Kominfosantik Prov. Kalteng Agus Siswadi, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kalteng Yulindra Dedy dan Plt. Kepala Biro PKP Setda Prov. Kalteng Sutoyo.(WDY/Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook