Berikan Layanan Prima Bidang Kesehatan, Lapas Muara Teweh Rujuk Satu WBP ke RSUD

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 15 September 2020 15:10, Dibaca 17 kali.


MMCKalteng - Barito Utara - Salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muara Teweh bernama Edduar bin Asnain dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Teweh. Ia merupakan narapidana dengan perkara/pasal 112 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 (Narkotika) dengan lama pidana 5 tahun, Selasa (15/9/2020).

Kalapas Muara Teweh, Sarwito membenarkan bahwa ada warga binaannya yang dirujuk ke rumah sakit. "Dalam rangka memberikan pelayanan prima dalam bidang kesehatan, Lapas Muara Teweh sudah menyediakan Poliklinik beserta tenaga kesehatan, bahkan ketika ada yang harus dirujuk ke rumah sakit kami juga izinkan selama syarat administrasi lengkap dan dikawal langsung oleh anggota pengaman Lapas," ungkapnya.

(Baca Juga : Persiapan Penguatan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi Kanwil Kalteng (WBK))


"Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, pada pasal 14 bahwa setiap narapidana berhak mendapat perawatan, baik perawatan rohani maupun jasmani," imbuhnya.

Perawat Mahir Lapas Muara Teweh, Frans Sudarna menjelaskan bahwa yang bersangkutan dirujuk ke RS karena mengalami batuk, sesak nafas, nyeri dada dan perut sejak tiga hari yang lalu. "Selama sakit WBP sudah diberikan perawatan dari tim kesehatan Lapas namun kondisi kesehatannya tidak ada peningkatan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan maka hari ini kami merujuk ke RSUD untuk deteksi awal," ungkapnya.


Frans menambahkan bahwa pada pukul 08.40 WIB warga binaannya sudah berada di RSUD Muara Teweh dan dilakukan pemeriksaan awal oleh dokter. "Untuk diketahui bahwa yang bersangkutan telah dilakukan rapid test dan rontgen yang hasilnya non reaktif. Hasil diagnosa dokter bahwa yang bersangkutan sakit Efusi Pluera dan saat ini dirawat inap dengan penjagaan dari anggota regu pangamanan," tutur Frans. (Red-dok, Humas Kalteng, September 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook