Tim Yankomas Lapas Sukamara Ikuti Kegiatan Pengukuhan Secara Virtual

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 10 September 2020 12:07, Dibaca 23 kali.


MMCKalteng - Sukamara - Bertempat di ruang Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara Asmuri beserta Tim Layanan Komunikasi Masyarakat Lapas mengikuti kegiatan pengukuhan Pos Yankomas pada Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah. Kegiatan ini berpusat di Hotel Luwansa Palangka Raya, yang dimulai jam 08:00 dan tersambung melalui aplikasi Zoom bagi UPT di luar daerah, Kamis (10/9/2020).

Pos Yankomas adalah Layanan Komunikasi Masyarakat yang merupakan pemberian layanan terhadap masyarakat tentang adanya permasalahan Hak Asasi Manusia yang dikomunikasikan maupun yang belum dikomunikasikan. Dalam sambutannya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah Ilham Djaya menyampaikan tentang tujuan dan fungsi Pos Yankomas.

(Baca Juga : Kunjungi Bapas Palangka Raya, Kadiv Administrasi Serahkan Bantuan Bagi Pegawai)

"Pos Layanan komunikasi masyarakat merupakan amanat Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan Pengejawantahan dari Permenkumham Nomor 36 Tahun 2016 tentang Pelayanan Komunikasi Masyarakat terhadap permasalahan Hak Asasi Manusia," tuturnya.


Kegiatan Pengukuhan Pos Yankomas, sekaligus Rapat Koordinasi Majelis Pengawas Wilayah Notaris (MPWN) dan Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN) dihadiri juga oleh Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Mualimin Abdi yang terhubung secara virtual melalui aplikasi Zoom. Mualimin Abdi dalam sambutannya menyampaikan harus adanya strategi dalam pengimplementasian Hak Asasi Manusia.

"Bagaimana mengimplementasikan amanat undang-undang 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Maka Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia tentunya menetap strategi-strategi, agar di Republik Indonesia tercinta ini Hak Asasi Manusia implementasinya bisa dilaksanakan oleh sebagaimana amanat konstitusi kita oleh negara khususnya pemerintah," ucapnya.

Dia juga mengharapkan tidak ada lagi pelanggaran yang berkaitan dengan Hak Asasi Manusia. "Saya mengharapkan bahwa di Indonesia tidak (ada) lagi ke depan terjadi hal-hal sifatnya antar lain misalnya terjadi kerusuhan, kecemasan, kekhawatiran, (tidak) terjadi bullying, anak sekolah yang tawuran dan seterusnya. Maka harapannya apa yang menjadi keresahan masyarakat bisa segera diadukan dan bisa segera diberikan respon. Oleh karenanya masyarakat tidak lagi repot-repot, tidak lagi susah-susah untuk mengadukan apa yang menjadi keresahan khususnya terkait dengan Hak Asasi Manusia," ungkap Muslimin Abdi.


Karena telah dilaksanakan pengukuhan Pos Yankomas, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara Asmuri menghimbau Tim Yankomas Lapas yang telah diberi Surat Keputusan (SK) bisa melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

"Saya harap Tim Yankomas kita nantinya bisa bekerja dengan baik, terutama dalam melayani aduan atau laporan dari  masyarakat. Sehingga peran Pos Yankomas benar-benar dilaksanakan sesuai dengan fungsinya," tutupnya. (Red-dok, Humas Kalteng, September 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook