Kakanwil Minta ASN Kemenag Aktif Memasyarakatkan Pesan Keagamaan

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 15 Desember 2020 11:00, Dibaca 112 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Negara Kesatuan Republik Indonesia dibentuk sesuai kesepakatan bersama, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Keduanya tidak lepas dari spirit nilai-nilai agama yang telah lama diyakini dan dipraktikkan masyarakat Indonesia yang religius.

Menurut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H. Abd. Rasyid, Kementerian Agama dan segala perangkatnya berperan penting untuk terus mendukung, mendorong, dan memasyarakatkan pesan-pesan agama. Sehingga, agama tetap menjadi ruh bagi sikap dan perilaku kehidupan setiap warganya.

(Baca Juga : Rutan Kuala Kapuas Canangkan Program Ketahanan Pangan )

Pesan agama seperti apa? Kakanwil mengatakan bahwa itu adalah pesan agama yang mampu menjadikan setiap individu memiliki kesalehan personal dan kemanfaatan sosial bagi lingkungannya dengan penuh kasih sayang, toleransi, penghormatan terhadap hak-hak sesama, persaudaraan, dan lain-lain.

“Setiap agama sudah dipastikan memiliki panduan-panduan prinsip yang mengajarkan tentang bagaimana setiap kita bisa hidup berdampingan dengan rukun dan damai, meskipun senyatanya penuh dengan perbedaan, baik keyakinan, tingkat sosial ekonomi, dan perbedaan lainnya,” papar H.  Abd. Rasyid saat memberikan arahan di depan pegawai MAN Barito Selatan, Selasa (15/12/2020).

"Kita harus bisa menjadi cermin atau teladan yang baik (uswatun hasanah) bagi lingkungan masing-masing, mampu menunjukkan sikap dan perilaku terpuji, sehingga misi utama kita yang menjadikan Kementerian Agama ikhlas beramal benar-benar terwujud,” tambahnya.

Tugas besar ASN Kemenag lainnya menurut H. Abd. Rasyid adalah memasarkan pola keberagamaan yang moderat (wasathiyah) kepada dunia internasional, agar Indonesia menjadi referensi bagi negara lain. Oleh karenanya, nilai-nilai agama dengan nilai-nilai kebangsaan seharusnya tidak perlu dipertentangkan karena keduanya saling melengkapi dan saling membangun kepercayaan dengan tujuan kedamaian dan kesejahteraan bagi warga atau pemeluknya.

“Saya mengajak seluruh ASN Kemenag di Kalimantan Tengah, agar secara aktif memasyarakatkan pesan keagamaan kepada masyarakat,” kata H. Abd. Rasyid. (Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook