Upaya Wujudkan Swasembada Jagung Melalui Peningkatan Produksi Secara Berkelanjutan

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 04 September 2020 02:01, Dibaca 2,588 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar kegiatan Expose Hasil Survei Investigasi Calon Petani, Calon Lokasi dan Rancangan Teknis Pengembangan Jagung di Kabupaten Gunung Mas, bertempat di Aula Bappeda Litbang, Kamis (3/9/2020). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong didampingi Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing, Tim Ahli LP2M Rolan L.P Umbing, Pabung Kodim 1016 Plk Kapten Muhamad Ayyub, Kepala Dinas Pertanian Rodi Aristo,  Kepala Perangkat Daerah serta undangan lainnya.

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong mengatakan, sasaran yang ingin dicapai sesuai Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas untuk meningkatkan Daya saing ekonomi wilayah menuju Kabupaten Gunung Mas yang bermartabat, maju berdaya saing, sejahtera dan mandiri. Yang pertama, terang beliau, kebijakan pembangunan sektor pertanian tahun 2020 yakni menjadi pertanian yang maju, mandiri dan modern.

(Baca Juga : Pasien Positif Corona di Murung Raya Bertambah 2, Total 4 Orang )

Yang kedua, program prioritas dalam RPJM Daerah Kabupaten Gunung Mas Tahun 2019-2024, melalui pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas guna mendukung pencapaian visi dan misi kepala daerah, khusus pencapaian misi ke-3 yakni peningkatan daya saing ekonomi wilayah. Ketiga, menuju smart agro program prioritas Dinas Pertanian di Tahun 2020. Peningkatan kesejahteraan petani, peningkatan ketahanan pangan, peningkatan penerapan teknologi pertanian, program peningkatan pemberdayaan penyuluh, program peningkatan produksi ternak.

“Mengingat pentingnya kegiatan ini untuk penyempurnaan laporan hasil survey investigasi calon petani, calon lokasi dan rancangan teknis pengembangan jagung di Kabupaten Gunung Mas ini sangat diharapkan peran, serta masukan dan tanggapan,” kata Bupati.

Kepala Dinas Pertanian Rodi Aristo menyampaikan, Pemerintah berupaya untuk mewujudkan swasembada jagung melalui peningkatan, produksi jagung secara berkelanjutan. Komoditas jagung mempunyai peran yang sangat penting dan strategis, baik dalam sistem ketahanan pangan maupun perannya sebagai penggerak perekonomian nasional. Masyarakat Indonesia juga berkontribusi terhadap ketersediaan protein, jagung menjadi bahan baku baik untuk ternak, perikanan dan juga penarik bagi pertumbuhan industri dan mendorong pertumbuhan industri yang mempunyai kontribusi yang cukup besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

Terkait tujuan kegiatan ini yang pertama menyiapkan dokumen perencanaan berupa data arsip hasil survey dan investigasi pada calon lokasi dan Rancangan Teknis Pengembangan Jagung di Kabupaten Gunung Mas. Yang menyatakan kelayakan lokasi baik dari segi status kawasan kelayakan sumber lahan, sumber daya air, maupun sumber daya siani.

Ditambahkannya, sasaran yang diinginkan dari survei investigasi calon petani Calon Lokasi ini, adalah rancangan teknis berupa pengembangan jagung di Kabupaten Gunung Mas. Untuk meningkatkan luas tanah dan produksi jagung melalui penambahan areal tanam yang layak berdasarkan hasil survei.

“Tahun 2020 ini kami menargetkan 500 hektar dalam pengembangan jagung hibrida, yang capaian progres pelaksanaannya itu sudah mencapai hampir 60 persen. Yang secara evaluasi yang lakukan dari beberapa kelompok ada pernyataan  perjanjian bersama kami buat, sampai bulan oktober resmi semua tertanam,” katanya.

Secara nyata, terima kasih atas bimbingan Ibu Wakil Bupati Gunung Mas bahwa memang sementara dari kenyataan yang ada, hasil yang diperoleh dari kegiatan petani secara perorangan maupun kelompok rata-rata bervariatif, ada yang mencapai 2 ton per hektar, ada yang mencapai 5 ton per hektar.

“Jadi demikian keberadaannya ini akan menjadi bahan apa yang menjadi evaluasi ke depan terhadap pengembangan jagung ini. Sekilas diperhatikan keberadaannya sangat berpengaruh besar kaitan pemeliharaan keberadaan tanahnya sangat menentukan keberhasilan dari budi daya jagung itu sendiri,” pungkasnya. (Iswanto / Foto: Iswanto).

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook