Demi Air Bersih, Buat Penampungan Air Hujan Dan Biopori

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 02 Oktober 2018 12:06, Dibaca 320 kali.


MMCKalteng - Kepala Satuan Perangkat Daerah Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Pada Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, Provinsi Kalteng, Fery Moun Hepy mengatakan, manfaat serta tujuan pembuatan bangunan permanen air hujan dan biopori yang saat ini digagas pihaknya pada empat sekolah di Palangka Raya, adalah sebagai percontohan sekaligus gerakan menampung air hujan untuk solusi air bersih.

"Pembuatan bangunan permanen air hujan dan biopori bertujuan untuk meningkatkan dan mrnggugah kesadaran para generasi muda akan pentingnya air bagi kehidupan," ungkapnya pada acara peresmian pembangunan permanen air hujan dan biopori di SMP 14 Jln. Mahir Mahar Palangka Raya, Senin ( 1/10/2018).

(Baca Juga : Kejari Pulang Pisau Upayakan Sinergitas Dengan Media Massa)

Kata Fery, tingginya tingkat penurunan muka air tanah saat ini lebih diakibatkan pengambilan air tanah yang berlebih sehingga membuat rendahnya daya serap permukaan tanah terhadap air hujan. Karenanya untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibuatlah suatu tindakan pembuatan bangunan pemanen air huan yang berfungsi untuk menampung air hujan ke suatu wadah.

" Penampungan air hujan, adalah berfungsi untuk meningkatkan persediaan air bersih. Begitu pula pembuatan biopori berfungsi untuk mempercepat penyerapan genangan air di permukaan tanah," terangnya.

Menurut fery, selain pihaknya melaksanakan program pembuatan bangunan pemanenan air hujan dan biopori, disisi lain pihaknya juga melaksanakan gerakan nasional kemitraan penyelamatan air ( GN-KPA) yakni berupa kegiatan pembersihan sungai yang bertujuan untuk menjaga keberadaan sumber-sumber air pada masa sekarang dan masa yang akan datang.

" Semua ini perlu dukungasn dari masyarakat dan juga tindakan nyata dari masing-masing sektor yang terkait secara terpadu," cetusnya. Adapun Asisten II Sekda Kota Palangka Raya Bidang Ekonomi dan Kesra, Ikhwansyah saat membacakan sambutan Walikota Palangka Raya. Fairid Naparin dalam kegiatan tersebut mengajak semua yang hadir untuk turut serta menjaga kelestarian alam.

" Menjaga kelestarian alam adalah demi terpeliharanya sumber air di bumi, mulai dari diri kita dengan hal yang paling sederhana yaitu tidak membuang sampah sembarangan," paparannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook