Peran Aktif P2U Lapas Sampit Dalam Deteksi Dini/Pencegahan Gangguan Keamanan Dan Ketertiban

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 26 Agustus 2020 17:52, Dibaca 41 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Timur - Petugas Pengaman Pintu Utama (P2U) Lapas Kelas IIB Sampit sebagai garda terdepan seperti biasa melakukan pengawasan dan penggeledahan terhadap keluar masuknya badan dan barang dari maupun ke dalam Lapas, Rabu (26/8/2020). Hal ini selaras dengan berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS.12.OT.03.01 Tahun 2008 tentang Pembentukan Satuan Tugas Pengamanan Pintu Utama (Satgas P2U) Lapas dan Rutan disebutkan pada pasal 2, mengenai fungsi P2U adalah :


1. Mencegah dan mengamankan pintu utama dari masuk ataupun keluarnya orang dan barang secara tidak sah;

(Baca Juga : Tim Satgas Justisi Covid-19 Kunjungi Lapas Palangka Raya)

2. Memeriksa dan menggeledah setiap orang tanpa terkecuali termasuk pejabat, petugas, pengunjung, dan pihak-pihak lain;

3. Memeriksa dan menggeledah setiap barang dan kendaraan yang masuk atau keluar Lapas/Rutan;

4. Menerima dan mengeluarkan penghuni berdasarkan surat-surat yang sah, memeriksa secara cermat identitas dan mencatat dalam buku laporan tugas pintu utama;

5. Meneliti dan memeriksa secara cermat identitas tamu, menanyakan keperluannya, serta mencatat dalam buku tamu;

6. Mengamankan senjata api, alat-alat keamanan dan barang inventaris lainnya dalam lingkungan pintu utama serta menggunakannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

Apa yang dilakukan oleh P2U ini memiki peran yang sangat penting sebagai salah satu bentuk upaya deteksi dini langkah pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas. Kepala Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Sampit Agung Supriyanto senantiasa selalu dan terus mengingatkan, "Kepada segenap personilnya untuk selalu lakukan deteksi dini pengamanan serta segera melaporkan apabila ditemukan hal-hal yang berpotensi mengakibatkan terjadinya gangguan keamanan," tegasnya.


"Saya berharap Lapas yang kita cintai bersama ini selalu dalam kondisi aman, tidak terdapat barang terlarang yang dimiliki oleh tahanan/narapidana dan semua petugas terus jaga kekompakan serta saling berkoordinasi satu sama lainnya demi kebaikan karena semua ini tugas kita bersama (BERSAMA KITA BISA)," tambahnya. (Red-dok, Humas Kalteng, Agustus 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook