Kolaborasi KI Kalteng dan Diskominfo Evaluasi PPID SKPD

Kontribusi dari Verawati Vei, 01 Oktober 2018 14:37, Dibaca 363 kali.


MMCKalteng - Dalam rangka pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik tahun 2018, Komisi Informasi Daerah kalimantan Tengah yang berkolaborasi dengan Diskominfo Kalteng gelar Evaluasi untuk melakukan pemeringkatan Keterbukaan Informasi  Publik tahun 2018. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 24 September sampai dengan 3 Oktober 2018 dengan melakukan visitasi ke PPID (Pejabat Pengelola Dokumentasi dan Informasi) SOPD dan Instansi Vertikal di lingkungan Provinsi Kalimantan Tengah yang sudah mengisi Self Assesment Quisionaire (SaQ) atau kuisioner penilaian mandiri guna mengetahui pelaksanaan Keterbukaan Informasi  di Badan Publik.

Pemeringkatan Keterbukaan Informasi publik dilakukan tiap tahun yang tujuannya untuk menilai pelaksanaan Badan Publik dalam menjalankan kewajiban mengumumkan Informasi Publik, menyediakan Informasi Publik, melayani permohonan Informasi Publik dan melakukan pengelolaan informasi dan dokumentasi sesuai dengan UU KIP.

(Baca Juga : Dishub Provinsi Gelar Rakor Yang Diikuti Kadishub dan KSOP/ UPP Se-Kalimantan Tengah)

Sekitar 22 SOPD dan 6 instansi vertikal di lingkungan Pemerintah Provinsi yang akan divisitasi sesuai dengan kuisioner yang telah disampaikan kepada KI. “Selanjutnya Tim Penilai Keterbukaan Informasi Publik akan melakukan verifikasi mendalam dengan meminta data dukung atas pertanyaan tertentu dalam SAQ kepada Badan Publik dalam jangka waktu yang dijadwalkan tersebut,” pungkas Laura AndalinaSP, MSi, Kasi Pengendalian Informasi Publik Diskominfo Kalteng.

Selanjutnya setelah dilakukan verifikasi data SaQ PPID kemudian akan diadakan rapat tim untuk melaksanakan Penganugerahan Keterbukaan Informasi yang rencananya akan dilangsungkan pada bulan Oktober.(Fr)

Verawati Vei

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook