Perancang Peraturan Perundang-Undangan Kanwil Kemenkumham Kalteng Kembali Laksanakan Rapat Penyusunan Buku

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 05 Agustus 2020 14:35, Dibaca 209 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Bertempat di Room Meeting Human and Right kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah, Divisi pelayanan hukum dan HAM kembali melaksanakan rapat lanjutan penyusunan buku. Rapat dipimpin oleh Perancang peraturan perundang-undangan ahli muda Andri sebagai Koordinator Perancang Peraturan Perundang-undangan, yang diikuti oleh seluruh perancang Peraturan Perundang-undangan Kantor Wilayah, Rabu (5/8/2020).


Penulisan buku yang sedang disusun dengan mengambil topik mengenai salah satu urusan yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Peraturan tersebut yaitu Urusan Pemerintahan Wajib yang berkaitan dengan Pelayanan Dasar yaitu di bidang Ketenteraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat.  

(Baca Juga : Kalapas Muara Teweh Kukuhkan Anggota Tim Satops Patnal Lapas dan Bapas Muara Teweh)


Maksud penyusunan buku ini sebagai pedoman bagi pemerintah daerah dan pihak-pihak dalam melakukan tahapan penyusunan, menganalisis dan mengkaji suatu produk hukum daerah. Dalam Lampiran Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Urusan Ketenteraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat terdiri atas 3 sub urusan yaitu : Ketenteraman dan Ketertiban Umum, Bencana, serta Kebakaran.

Dimana urgensi dari masing-masing sub urusan tersebut, saat ini sangat diperlukan pengaturannya sebagai pedoman dan dasar hukum bagi Pemerintah Daerah. Sslain itu juga sebagai kepastian hukum di masyarakat. (Red-dok, Humas Kalteng, Aug 2020).   

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook