Perancang Peraturan Perundang-Undangan Kanwil Kemenkumham Kalteng Kembali Laksanakan Rapat Penyusunan Buku

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 05 Agustus 2020 14:35, Dibaca 132 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Bertempat di Room Meeting Human and Right kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah, Divisi pelayanan hukum dan HAM kembali melaksanakan rapat lanjutan penyusunan buku. Rapat dipimpin oleh Perancang peraturan perundang-undangan ahli muda Andri sebagai Koordinator Perancang Peraturan Perundang-undangan, yang diikuti oleh seluruh perancang Peraturan Perundang-undangan Kantor Wilayah, Rabu (5/8/2020).


Penulisan buku yang sedang disusun dengan mengambil topik mengenai salah satu urusan yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Peraturan tersebut yaitu Urusan Pemerintahan Wajib yang berkaitan dengan Pelayanan Dasar yaitu di bidang Ketenteraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat.  

(Baca Juga : Warga Binaan Rutan Palangka Raya Kibarkan Bendera)


Maksud penyusunan buku ini sebagai pedoman bagi pemerintah daerah dan pihak-pihak dalam melakukan tahapan penyusunan, menganalisis dan mengkaji suatu produk hukum daerah. Dalam Lampiran Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Urusan Ketenteraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat terdiri atas 3 sub urusan yaitu : Ketenteraman dan Ketertiban Umum, Bencana, serta Kebakaran.

Dimana urgensi dari masing-masing sub urusan tersebut, saat ini sangat diperlukan pengaturannya sebagai pedoman dan dasar hukum bagi Pemerintah Daerah. Sslain itu juga sebagai kepastian hukum di masyarakat. (Red-dok, Humas Kalteng, Aug 2020).   

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook