Penyertaan Modal ke Bank Kalteng Akan Ditambah Rp420 M

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 24 Juli 2020 06:58, Dibaca 97 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Selain akan menerima hibah aset berupa tanah dan bangunan kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalteng serta tanah dan kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), yang terletak di jalan Katamso Palangka Raya. Bank Kalteng juga bakal kembali menerima tambahan modal dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng sebesar Rp420 miliar lebih. Tambahan modal dari Pemprov Kalteng sebagai pemegang saham pengendali Bank Oloh Itah tersebut merupakan sebuah persyaratan yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dimana Bank Umum maupun Bank Nasional ke depannya harus memiliki modal minimal Rp3 Triliun atau Buku III.

“Tambahan penyertaan modal ini dalam rangka memenuhi persyaratan OJK, dimana Bank Umum dan Bank Nasional harus punya modal minimal Rp3 triliun,” kata Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Y Freddy Ering, saat dibincangi di gedung dewan, Rabu (22/7/2020).

(Baca Juga : Dewan Sebut Tenaga Pengajar Rata-rata Masih Kontrak)

Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini menjelaskan, saat ini proses penambahan penyertaan modal Pemprov ke Bank Kalteng tersebut sedang dalam tahap pembahasan di DPRD sesuai dengan surat yang disampaikan Gubernur Kalteng kepada pihak DPRD. Lebih lanjut dikatakan, tambahan penyertaan modal tersebut akan mulai dibahas tahun ini dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalteng Tahun Anggaran (TA) 2010. Dimana untuk tahap pertama, rencananya akan direalisasikan sebesar Rp142 miliar lebih.

“Untuk realisasinya akan dilaksanakan pada APBD 2021 mendatang dan pembahasannya mulai dilaksanakan tahun ini, tahap pertama itu sekitar Rp142 miliar lebih,” ungkap wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau (Pulpis) ini.

Freddy melanjutkan, proses persetujuan penyertaan modal serta hibah aset untuk Bank Kalteng itu akan kembali dibahas pekan depan untuk mendengarkan pemandangan umum Fraksi Pendukung DPRD Kalteng.

“Setelah disampaikan pendapat akhir Fraksi, kemudian mendapat persetujuan Gubernur, proses selanjutnya adalah pengajuan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dari Pemprov Kalteng, setelah ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) baru resmi, sah untuk dilaksanakan penyerahan aset sekaligus juga tambahan penyertaan modal Pemprov Kalteng kepada Bank Kalteng,” pungkasnya.

Selain Pemprov Kalteng, seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalteng sebagai pemegang saham juga bakal menambah penyertaan modalnya ke Bank Kalteng. Itu merupakan bentuk dukungan serius seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) di Bumi Tambun Bungai ini untuk mendukung dan memajukan Bank Daerah. (Rovie / Foto: Rovie)

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook