Lagi, Kesbangpol Gelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemula

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 31 Agustus 2018 09:49, Dibaca 320 kali.


MMC Kalteng - Kali ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula di SMA Negeri 1 Kumai pada Senin (27/8) dengan melibatkan pelajar dari SMA Negeri 1 Kumai dan Madrasah Aliyah Babussalam Kumai sebagai peserta. Dimana pada bulan lalu juga telah dilaksanakan kegiatan serupa di SMK Negeri 1 Pangkalan Bun. Kegiatan ini dilakukan untuk mengedukasi mereka dalam menghadapi Pemilu 2019.

Mewakili Kepala Badan Kesbangpol Kobar, Sekretaris Kesbangpol Kobar Bahrudinnor dalam sambutannya mengatakan pemilu merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat dimana rakyat dapat memilih pemimpin politik secara langsung dan pemilih pemula adalah pemilih yang baru pertama kali akan melakukan penggunaan hak pilihnya. “Pemilih pemula adalah masyarakat yang telah memenuhi syarat umur sudah 17 tahun, sudah/pernah kawin, dan purnawirawan/tidak lagi menjadi anggota TNI/Polri,” jelasnya.

(Baca Juga : Kejari Gunung Mas Musnahkan Barang Bukti Perkara Tindak Pidana Umum Berkekuatan Hukum Tetap)

Ditambahkannya, pelajar usia pemilih pemula agar tidak perlu khawatir jika belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), hak pilihnya tetap bisa digunakan dalam Pemilu 2019 nanti. “Dengan catatan sudah melakukan perekaman e-KTP, yakni cukup dengan mengantongi Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan identitas sudah masuk dalam Kartu Keluarga (KK),” imbuhnya.

Melalui kegitan ini, beliau berharap seluruh pemilih pemula dari kalangan pelajar dapat menggunakan hak pilihnya secara baik.

“Sosialisasi ini sebagai upaya melakukan pendidikan berdemokrasi bagi para pemilih pemula agar terhindar dari informasi yang tak benar. Mereka perlu kita dorong agar mau datang ke tempat pemungutan suara untuk menyampaikan pilihan dan aspirasinya,” katanya.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan penyajian materi, dilanjutkan dialog dan tanya jawab dengan menghadirkan pemateri dari Badan Kesbangpol Kobar, Disdukcapil Kobar dan KPU Kobar. (Humas Diskominfo Kobar/rakhman/kesbangpol)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook