Festival Seni Budaya Tingkat SLTA Se-Kalteng 2017 Dimulai

Kontribusi dari Disbudpar Prov. Kalteng, 14 November 2017 09:00, Dibaca 1,686 kali.


MMCKalteng – Festival Seni Budaya Tingkat SLTA se-Kalimantan Tengah kembali dilaksanakan tanggal 13-16 November 2017 ini di Palangka Raya. Berlokasi di Panggung Terbuka UPT. Taman Budaya Kalimantan Tengah di Jl. Tilung XIII Palangka Raya, festival yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah ini mengetengahkan lomba-lomba yang akan diikuti oleh peserta pelajar yaitu antara lain Lomba Vokal Group, Lomba Lukis Ornamen, Lomba Lukis Legenda, Lomba Mandare Amak Purun, Lomba Tari Pesisir dan Lomba Tari Pedalaman.

Pembukaan Festival Seni Budaya Tingkat SLTA se-Kalimantan Tengah tahun 2017 digelar pada Senin malam (13/11/2017), diawali oleh Sanggar Panca Mirah Mamangun yang membawakan tarian berjudul Tari Basarah. Sanggar tersebut merupakan binaan PT. Kasongan Bumi Kencana (KBK). Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Dr. Guntur Talajan, S.H., M.Pd., Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah dan dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Drs. Yuel Tanggara, Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia, mewakili Gubernur Kalimantan Tengah dengan membunyikan alat musik katambung.

(Baca Juga : Katingan Raih Predikat Terbaik Lomba Tari Pedalaman)

Dalam sambutan yang disampaikan, maksud dari pelaksanaan kegiatan ini ialah untuk mengembangkan seni dan budaya di tingkat pelajar serta untuk melestarikannya sehingga tidak tergerus arus modernisasi zaman. Festival ini juga merupakan wadah yang disediakan oleh pemerintah untuk ekspresi kreasi generasi muda di Kalimantan Tengah. Tindakan pelestarian seni dan budaya ini berdasarkan Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor 40 dan 42 Tahun 2009 tentang Pedoman Pelestarian Kebudayaan. 

Peserta Festival Seni Budaya Tingkat SLTA se-Kalimantan Tengah 2017 berjumlah 558 orang yang terdiri dari para pelajar tingkat SLTA di 12 kabupaten dan 1 kota kecuali Kabupaten Gunung Mas dan Kabupaten Barito Timur. Selain para peserta, hadir pula para guru mata pelajaran muatan lokal serta praktisi seni budaya dari kabupaten dan kota. Acara pembukaan kemudian diakhiri dengan pagelaran busana benang bintik yang dipersembahkan oleh ON Production. (Anne/Foto: Anne)

Disbudpar Prov. Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook