Diskominfo Gelar Sosialisasi Internet Sehat

Kontribusi dari Rikah Mustika, 07 Agustus 2018 15:35, Dibaca 396 kali.


MMCKalteng-Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Sosialisasi Internet Sehat di Aula Pusat Komunitas Kreatif Dinas Kominfosantik Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (7/8). Peserta kurang lebih 160 orang yang berasal dari pelajar SMP, SMA, mahasiswa, pengelola warnet dan masyarakat yang ada di Kota Palangka Raya. Nampak hadir Kasubdit Peningkatan Kapasitas TIK, Kementerian Kominfo RI, Harry Hartono, SE, MM.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik, Drs. Sianto, M.Si, selaku ketua panitia menyampaikan, “Sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat tentang keuntungan dari pemanfaatan aplikasi alternatif berbasis Open Source untuk kebutuhan sehari-hari dan bagaimana memanfaatkan internet secara sehat” Ujarnya.

(Baca Juga : Pembukaan Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tahun 2018)

Sianto juga mengatakan, “Tujuan kegiatan ini adalah, pertama untuk memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat tentang teknologi informasi dan sebagai masukan dalam penerapan penggunaan internet untuk mendukung proses pembelajaran yang tepat guna. Kedua, memberikan gambaran tentang manfaat internet dan hal-hal positif yang bisa didapat dari internet. Ketiga, memberikan pemahaman tentang hal-hal negatif yang dapat muncul di internet dan solusi untuk mengurangi dampaknya. Keempat, memberikan pemahaman tentang larangan dan sanksi bagi penyalahgunaan dan penyebaran informasi yang negatif”

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah, Ir. Herson B Aden, M.Si membuka acara dan menyampaikan, “Internet yang sehat dan aman pada prinsipnya adalah mengakses informasi dari internet secara bertanggungjawab, dalam arti bagaimana informasi yang kita akses dari internet benar-benar mampu memberikan nilai tambah dan manfaat bagi kita” Ujarnya.

Herson juga mengatakan bahwa masyarakat khususnya generasi muda perlu mendapatkan informasi yang berguna di dalam pemanfaatan komputer khususnya sarana internet, karena hal ini adalah suatu upaya untuk mengantisipasi hal-hal negatif yang dihasilkan oleh informasi-informasi global.

Harapannya sosialisasi ini dapat meminimalisir berkembangnya efek negatif dari pemanfaatan internet serta masyarakat mengetahui apa yang menjadi larangan dan sanksi sesuai peraturan perundangan-undangan.

Selain itu juga diharapkan dapat menimalisir akses terhadap muatan pornografi di dunia maya, serta didapat pemahaman yang benar dan memanfaatkan internet secara cerdas, kreatif, dan produktif. (Rikah / Foto : Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook