Hasil Evaluasi Kinerja PPID Pembantu Lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan PPID Kabupaten/Kota Se – Kalimantan Tengah Semester I Tahun 2018

Kontribusi dari Widianatalia, 26 Juni 2018 14:00, Dibaca 639 kali.


MMCKalteng – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Rapat Koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkup Provinsi Kalimantan Tengah yang diselenggarakan di Aula Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (26/6).  

Narasumber pada acara Rakor yaitu PPID utama Provinsi Kalimantan Tengah dari Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah Baryen, ST, M.Eng, Kepala Seksi Pengendalian Informasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah Laura Andalina, SP, Msi dan Komisioner KI Provinsi Kalimantan Tengah Setni Betlina,SP.MMA. Selain itu, Rakor diikuti oleh peserta dari PPID utama Provinsi Kalimantan Tengah, PPID Pembantu pada masing-masing SKPD dilingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan didampingi dengan admin yang telah ditetapkan serta PPID utama Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Bawaslu Kalteng Gelar MoU Terkait Pemantauan Pilkada)

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah Ir. Herson B Aden, M.Si dalam paparannya menyampaikan hasil evaluasi kinerja PPID pembantu lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan PPID Kabupaten/Kota Se – Kalimantan Tengah semester I Tahun 2018.

PPID tidak hanya sebatas pada penyediaan informasi namun lebih jauh lagi yaitu memenuhi permohonan informasi dari masyarakat serta secara berkala membuat laporan terhadap pelaksanaan pelayanan informasi publik di perangkat Daerah masing-masing.

Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan terhadap PPID Pembantu Lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah keadaan sampai dengan tanggal 25 Juni 2018 dari 46 perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah yaitu terdapat 39 perangkat Daerah (89%) yang sudah memiliki Penetapan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Terdapat 23 PPID Pembantu (50%) yang sudah memiliki Penetapan Daftar Informasi Publik (DIP) serta terdapat 38 PPID Pembantu (83%) yang sudah aktif pada website PPID Provinsi Kalimantan Tengah.

Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan terhadap PPID Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah keadaan sampai dengan tanggal 25 Juni 2018 dari 14 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah yaitu terdapat 8 Kabupaten/Kota (57%) yang sudah memiliki  Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten/Kota serta terdapat 3 PPID Kabupaten/Kota (21%) yang sudah aktif pada website PPID Kemendagri yang terintegrasi dengan PPID Provinsi Kalimantan Tengah.

Dari daftar informasi publik yang telah disampaikan, masih banyak yang belum memenuhi informasi yang wajib disediakan tersebut sehingga Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah selaku PPID Utama akan melakukan asistensi kepada PPID Pembantu untuk mengetahui kekurangan dari kelengkapan data informasi yang dimaksud.

Daftar informasi publik yang disusun diharapkan dapat memenuhi standar yang telah ditetapkan meliputi informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi yang wajib diumumkan secara serta merta dan informasi yang wajib tersedia setiap saat.

Pada Tahun 2018, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah selaku PPID Utama sesuai yang diamanatkan Permendagri Nomor 3 Tahun 2017 akan melakukan pembinaan, pengawasan, evaluasi dan monitoring atas pelaksanaan kebijakan informasi dan dokumentasi yang dilakukan PPID Pembantu yang dijadwalkan mulai bulan Juli sampai dengan September 2018.

Diharapkan kepada perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan PPID Kabupaten/Kota yang belum menetapkan PPID dan daftar informasi publik agar segera disusun dan ditetapkan. Kegiatan monev ini diharapkan juga dapat menjadi umpan balik bagi perbaikan kinerja PPID selanjutnya. (Foto:Asep)

 

 

 

Widianatalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook