Plt. Kadis Kominfo Kalteng Agus Siswadi : Kominfo Dalam Kapasitasnya Selaku Instansi Pembina Pejabat Fungsional Pranata Humas Akan Berupaya Melakukan Pembinaan dan Pengembangan Kompetensi Pranata Humas

Kontribusi dari Widia Natalia, 16 Oktober 2020 19:09, Dibaca 95 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (DiskominfoSantik Prov. Kalteng) menggelar Bengkel belajar DUPAK dan Penyusunan Angka Kredit. Kegiatan ini diikuti oleh Pranata Hubungan Masyarakat (Humas) DiskominfoSantik Prov. Kalteng dan Pranata Humas Setda Prov. Kalteng, bertempat di Resto Tjilik Riwut, Jumat (16/10/2020).

Bengkel belajar DUPAK dan Penyusunan Angka Kredit bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pranata humas terkait teknis pengisian Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit (DUPAK), penyusunan bukti fisik kegiatan, cara konversi kegiatan yang dilakukan sehari-hari menjadi angka kredit, serta kelengkapan administrasi guna pengajuan kenaikan pangkat bagi JFT pranata humas.

(Baca Juga : Sampaikan Aspirasi, Askompsi Gelar Vicon Bersama Sestama BSSN)

Pranata Humas Pertama DiskominfoSantik Prov. Kalteng Ferawati, S.Sos, MedKom mengatakan seorang Pranata Humas selain harus cepat, tanggap dan proaktif dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan kodrat kehumasan tapi juga harus bertanggung jawab terhadap angka kredit yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) nomor 6 tahun 2014.

DiskominfoSantik dalam kapasitasnya selaku instansi pembina pejabat Fungsional pranata humas akan berupaya melakukan pembinaan dan pengembangan kompetensi pranata humas, mulai dari langkah-langkah kecil terkait penataan kedudukan dan fungsi kehumasan Pemerintah, sebagaimana yang telah diatur dalam permenpan RB nomor 6 tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat dan Angka Kreditnya.

Plt. Kepala Dinas KominfoSantik Prov. Kalteng Agus Siswadi menerangkan berdasarkan Keputusan Gubernur Kalteng nomor 188.44/39/2020 yang disahkan tanggal 11 Februari 2020 tentang Tim Penilai Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat Prov. Kalteng bahwa penilaian terhadap pejabat Fungsional pranata humas dilakukan oleh Tim Penilai Jabatan Fungsional Pranata Humas.

Pranata humas memiliki peran yang strategis dalam komunikasi Pemerintah dengan masyarakat. Mengelola pesan agar tersampaikan dengan baik dan objektiv kepada masayarakat, bukanlah perkara yang mudah , apalagi di era kemajuan teknologi yang begitu pesat.


Arus Informasi melesat begitu cepat, masyarakat memiliki banyak pilihan, dan diantara banyak pilihan itu, belum tentu semuanya benar. Maka peran pranata humas sebagai jembatan informasi dan corong Pemerintah harus profesional dan mumpuni dalam menjalankan fungsi kehumasan yang modern dan maju.(MMC)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook