Kakanwil Buka Pelatihan Dasar CPNS Kemenkumham Kalteng Gelombang II Tahun 2018

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 25 Juni 2018 11:13, Dibaca 2,362 kali.


Palangka Raya – Bertempat di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Tengah Jalan Ais Nasution Palangka Raya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Yoseph hari ini Senin (25/06) membuka secara resmi Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Golongan II Tahun 2018.

Sebelumnya, Sri Widanarni Kepala BPSDM Provinsi Kalimantan Tengah dalam laporannya mengatakan bahwa Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumham Kalteng Gelombang kedua ini kembali dilaksanakan selama 133 hari, diikuti 120 orang peserta yang merupakan Penjaga Tahanan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalteng ini kita godok untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang profesional, berkarakter dan menjadi pelayan masyarakat yang baik.

(Baca Juga : Rutan Palangka Raya Raih Predikat Terbaik III Kategori Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran)

Dikatakannya, Tata tertib yang harus dipatuhi oleh peserta Latsar selama penyelenggaraan pelatihan adalah: hadir tepat waktu,  mengikuti kegiatan pembelajaran tidak kurang dari 95 persen (5 sesi dari 97 sesi pembelajaran) yang keseluruhan sesi pembelajaran dilaksanakan di tempat Pelatihan; menghormati tenaga pengajar, penyelenggara, dan sesama peserta pelatihan lainnya; menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh penceramah, pengajar, dan penyelenggara Pelatihan; berpakaian sopan, dan berperilaku peduli dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan di lingkungan Pelatihan. Dan apabila ada peserta secara berturut-turut tidak hadir selama 3 hari maka secara otomatis peserta Latsar tersebut akan kita gugurkan/tidak lulus.

Sesuai dengan Undang Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara disebutkan dalam pasal 65 ayat (1) bahwa salah satu syarat PNS adalah harus lulus pendidikan dan pelatihan. Bukti dari kelulusan tersebut adalah Sertifikat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP), yang diperoleh apabila peserta telah menyelesaikan kedua kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang dan yang telah menyelesaikan seluruh program (kurikulum pembentukan karakter PNS dan Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas. 

Sementara, Yoseph Kepala Kantor Wilayah yang membuka kegiatan ini secara resmi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah serta BPSDM Provinsi Kalimantan Tengah yang telah merespon dengan baik sehingga Latsar ini terlaksana sesuai dengan jadwal yang kita harapkan. Begitu juga halnya kepada para 120 CPNS yang mengikuti seleksi Latsar Gelombang kedua yang menurutnya ini merupakan seleksi tahapan terakhir untuk dapat diangkat menjadi PNS di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI di lingkup Kantor Wilayah Kalimantan Tengah.

Dalam arahannya Kakanwil mengingatkan kepada seluruh peserta Latsar bahwa kalian adalah putera-puteri terbaik Kalimantan Tengah bagian dari 17.528 yang terpilih dan lulus menjadi CPNS Kemenkumham RI dengan menyisihkan 1,6 juta pelamar pada penerimaan tahun 2017 lalu. Dimana Seleksi Penerimaan CPNS Kemenkumham yang bersih dan transfaran mendapatkan penghargaan dari Menpan RB dan sebagai pilot project/percontohan bagi Kementerian/Lembaga lainnya. Sebagai generasi terbaik janganlah kalian berhenti dalam memberikan prestasi yang terbaik bagi organisasi dan yang lebih penting adalah jauhi narkoba. Milikilah intergitas serta perkuat iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga terbebas dari hal hal yang bisa menjerumuskan kalian kedalam hal yang melanggar hukum.

Kakanwil juga memberikan saran kepada 120 CPNS yang mengikuti Latsar gelombang kedua ini agar bisa menjadi orang yang sukses. Untuk mencapai sukses tersebut dikatakannya kita harus miliki 3 hal yakni Skill (Kemampuan/Keterampilan), Knowledge (pengetahuan) dan Attitude (sikap/perilaku). Dengan dasar disiplin disegala hal serta jangan pernah kendor dalam mengisi jam kerja. Jadilah generasi terbaik yang memberikan cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pemerintah serta kepada daerah Provinsi Kalimantan Tengah.

Diakhir sambutannya Kakanwil berpesan 4 poin penting kepada seluruh peserta Latsar Gelombang kedua ini agar : 1) mengikuti kegiatan Latsar ini dengan sungguh-sungguh; 2) Menjaga kondisi kesehatan dan tetap jalin silaturrahmi antar peserta sehingga terwujud kekompakan untuk tujuan yang positif; 3) Apabila terdapat hal-hal penting yang berkaitan dengan Latsar ini disampaikan langsung kepada Panitia penyelenggara; 4) Menjaga keamanan, ketertiban serta kelancaran Latsar dari awal hingga akhir kegiatan. Harapannya dari kegiatan ini, para peserta mampu mengimplementasi dan mengaktualisasikan ilmu yang didapat dari para instruktur dan widyaiswara sehingga selain merasakan manfaatnya juga bisa menerapkannya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuia dengan tujuan dan program Kementerian Hukum dan HAM yang PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transfaran dan Inovatif) serta mensukseskan program Pemerintah daerah yakni menuju Kalteng BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis) ucap Yoseph Kakanwil Kemenkumham Kalteng. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Jun. 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook