LPKA Palangka Raya dan Rutan Buntok laksanakan pesantren kilat ramadan

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 07 Juni 2018 14:03, Dibaca 1,467 kali.


Tambun Bungai (07/06) Pada bulan yang penuh berkah ini seluruh aktivitas yang kita lakukan diharapkan bisa menjadi nilai ibadah dimata Tuhan Yang Maha Esa. Terlebih aktivitas tentang kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti kegiatan keagamaan yang intinya dalam rangka mendekatkan diri kepada sang Pencita salah satunya melalui kegitan pesantren kilat ramadan.

Dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palangka Raya

(Baca Juga : Pimpin Apel Pagi Bersama, Karupbasan Sampaikan Sistem Kerja ASN Menuju Tatanan Hidup Baru )

Mubasiruddin Kepala LPKA mengatakan bahwa kegiatan pesantren kilat yang mereka lakukan dalam rangka memberikan pembinaan mental sripitual keagamaan kepada 8 (delapan) orang anak didik yang beragama Islam sebagai warga/anak penghuni LPKA Kelas II Palangka Raya.

Dalam pelaksanaannya, kita telah bekerjasama dengan pihak Kementerian Agama Kota Palangka Raya yang mana para petugas penyuluh mereka siap memberikan pendampingan dan mengisi kegiatan pesantren kilat yang kita laksanakan. Lebih lanjut dijelaskannya bahwa kegiatan pesantren kilat yang kita laksanakan khusus membahas materi tentang Tata Cara Sholat Wajib dan Sholat Sunat. Karena bagi kami materi inilah yang paling cocok disampaikan kepada mereka anak-anak didik kami yang masih labil dan perlu pendidikan keagamaan sehingga mereka kelak tidak lagi berbuat kesalahan melanggar hukum seperti yang mereka lakukan sebelumnya, ungkap Mubasirudin didampingi para pejabatnya Syahbudinnor dan Khalik Rasyid.

Sementara dari Rumah Tahanan Negara Kelas II B Buntok

Mastur Kepala Rutan Buntok menuturkan bahwa kegiatan pesantren Ramadan yang mereka lakukan dilaksanakan selama satu minggu lamanya yakni dimulai pada tanggal 4 sampai dengan 10 Juni 2018 yang mengambil tempat di Masjid At-Taubah Rutan Buntok dengan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 40 (empat puluh) orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Untuk tenaga pengajar kegiatan Pesantren ramadan ini pihaknya telah bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Barito Selatan dan juga dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al- Ma’arif) Buntok.

Pelaksanaan pesantren ramadan yang kita laksanakan kali ini sebagai kegiatan lanjutan dari kegiatan keagamaan yang telah kita lakukan seperti pengajian rutin, pembahasan serta pengkajian Al-Qur’an dan Al-Hasitd. Selain itu juga pada kegiatan pesantren ramadan ini akan kita sediakan waktu untuk mereka (WBP) yang mana nanti dalam kegiatan tersebut ada sebuah momen penyesalan atas perbuatan yang telah mereka lakukan sebelumnya sehingga menjadi WBP Rutan Buntok, dan mereka juga berkomitmen dihadapan peserta lainnya bahwa tidak akan lagi mengulangi kesalahan yang sama diwaktu sekarang dan akan datang.

Menurut Mastur, ini adalah sesuatu hal yang menarik yang tentunya membawa semangat hijrah bagi para WBP Rutan Buntok. Pelaksanakan kegiatan pesantren ramadan yang kita laksanakan juga sebagai wujud nyata mendukung Gerakan Cinta Ibadah di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Juni. 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook