Memanfaatkan Lahan Kosong, Lapas Sukamara Panen Sayur-Sayuran

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 13 Januari 2020 16:09, Dibaca 10 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Fungsi Lapas/Rutan sebagai tempat pembinaan banyak mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Sangat berbeda jauh dengan sistem kepenjaraan zaman dahulu dimana pada saat itu efek jera sangat ditekankan kepada para narapidana sedangkan saat ini pada sistem Pemasyarakatan, fokus terhadap pelayanan serta pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Senin (13/1/2020).

Pembinaan yang diberikan sebagai salah satu tujuan utama Pemasyarakatan guna mempersiapkan para WBP disaat bebas nanti memiliki keahlian dan terampil serta produktif sehingga bisa membuka peluang usaha sendiri. Ini salah satu keberhasilan para petugas dalam memberikan pembinaan kepada para WBP baik yang ada di Lapas/Rutan misalnya dalam kegiatan pertanian dan perkebunan, seperti yang di lakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara.

(Baca Juga : Kali Kedua Rutan Buntok Laksanakan Sidang Online)

Baru-baru ini Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara Asmuri beserta staf melakukan panen Singkong, Terong dan Cabe dari hasil bercocok tanam WBP Lapas Sukamara. Keberhasilan Lapas Sukamara dalam memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki untuk bercocok tanam dan berkebun sayur-sayuran tidak lepas dari dukungan dari Kalapas beserta jajarannya.

Dengan didikan dari petugas yang mempunyai pengalaman khusus dibidangnya ditambah dengan kegigihan para WBP yang ingin belajar serta ditambah beberapa yang sudah punya keahlian bersama-sama menjadikan lahan Lapas menjadi hijau dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

"Kegiatan berkebun ini untuk mengisi kegiatan kerja WBP , Jika panen kan bisa dimanfaatkan, hasilnya bisa dinikmati para WBP dan juga petugas sendiri dan bisa juga dijual kepada pihak ketiga yang siap menerima hasil kebun tersebut,” ujar Kalapas.

Staf Sub Seksi Pembinaan Made Astawan mengemukakan, “setiap hari senin sampai sabtu usai makan pagi, seluruh WBP melaksanakan kegiatan dari Subsi Pembinaan salah satunya bercocok tanam dan berkebun sayur-sayuran seperti cabe, singkong, pepaya, pisang, dan ke depan akan menanam bibit jagung,” (Reddok, Humas-Kalteng, Jan’2020)

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook