Mewujudkan Kalteng Berkah di Bidang Pendidikan

Kontribusi dari Ahmad Saifuddin, 04 Juni 2018 12:59, Dibaca 2,353 kali.


Sebagai upaya mewujudkan Kalimantan Tengah BERKAH (bermartabat, elok, religius, kuat, amanah, harmonis) di bidang pendidikan adalah target capaian pendidikan di Kalimantan Tengah yang bermutu, relevansi, berdaya saing dan terakses bagi semua masyarakat menjadi prioritas utama. Oleh sebab itu untuk mencapai sarasan tersebut telah ditetapkan program prioritas Kalteng BERKAH bidang pendidikan tahun 2016-2021 yang terdiri atas 5 (lima) program yaitu : peningkatan sarana dan prasarana pendidikan; peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan; peningkatan pelayanan pendidikan di daerah pedalaman dan terpencil, meningkatkan pendidikan karakter  berbasis kearifan lokal dan pendukungan  beasiswa lulusan SMA/MA/SMK di perguruan tinggi.

Dengan kondisi sararana prasarana pendidikan yang masih sangat kurang, demikian juga dengan masih rendahnya kualitas pendidik dan tenaga kependidikan maka dapat dipastikan akan sangat mempengaruhi dan menghambat percepatan peningkatan kualitas mutu pendidikan di Kalimantan Tengah. Oleh sebab itu masalah masih terbatasnya sarana dan prasarana pendidikan serta masih rendahnya kualitas pendidik dan tenaga kependidikan menjadi perhatian pemerintah provinsi Kalimantan Tengah yang harus dituntaskan dalam waktu segera.

(Baca Juga : Wajib Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19)

Demikian halnya dengan persoalan pelayanan akses pendidikan bagi masyarakat yang berada di daerah pedalaman harus dicarikan solusi dan strategi yang efektif agar semua anak usia 16-18 tahun yang sudah lulus SMP/MTs sederajat dapat terlayani masuk pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dengan mudah. Selain itu penyiapan sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter, maka pemerintah provinsi harus melakukan terobosan percepatan penyediaan sarjana (S1) yang akan menjadi penggerak percepatan pembangunan di Kalimantan Tengah yang efektif dan produktif. Oleh sebab itu bantuan beasiswa bagi para lulusan SMA/MA/SMK melanjutkan kuliah di perguruan tinggi di Kalimantan Tengah akan ditingkatkan.

Keberhasilan proses pembelajaran di satuan pendidikan akan sangat ditentukan kualitas kompetensi dan profesionalitas para pendidik dan tenaga kependidikan. Lulusan SMA/SMK/SLB yang bermutu, relevansi, berdaya saing merupakan target utama sasaran pendidikan di Kalimantan Tengah. Oleh sebab itu selama 2 (dua) tahun anggaran 2016 dan 2017 telah dilaksanakan peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan (diklat), bimbingan teknis (bintek), workshop, sosialisasi dan pendampingan pembinaan PTK melalui MGMP, MKKS, MPKS.

Peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan ini sangat berdampak terhadap kualitas pembelajaran di satuan pendidikan, sehingga Kalimantan Tengah dalam pelaksanaan Ujian Nasional tahun pelajaran 2017/2018 dapat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer SMA/SMK 100%.

 

Ahmad Saifuddin

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Artikel
Artikel
Artikel
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook