Hasil Audiensi, Walikota Palangka Raya Dukung Bakti Kepada Negeri Merah Putih Narapidana

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 23 Mei 2018 23:38, Dibaca 29 kali.


Palangka Raya- Jajaran Pemasyarakatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Anthonius Mathius Ayorbaba beserta rombongan melakukan audiensi kepada Walikota Palangka Raya H. Riban Satia di Kantor Walikota Jalan Tjilik Riwut KM. 5 Palangka Raya, Rabu (23/05).

Dijelaskan Anthon, audiensi yang dilakukannya dalam rangka menyampaikan program Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI terkait kegiatan Bakti Kepada Negeri Merah Putih Narapidana yang merupakan suatu kegiatan yang ingin menjadikan para narapidana menjadi seorang pioneer dalam melaksanakan kegiatan bermanfatat dimasyarakat.

(Baca Juga : Kemenkumham Kalteng Adakan Workshop Kekayaan Intelektual Bekerja Sama Dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Palangka Raya)

Disamping itu pula, dirinya ingin menyampaikan atas hasil penghadapan kepada kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Palangka Raya tentang program pelatihan bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) terkait pembinaan yang dilakukan oleh Lembaga Pemasyaratan dan juga oleh Rumah Tahanan Negara yang menurut beliau program untuk tahun 2018 sudah terlaksana sehingga tidak bisa lagi untuk dilakukan suatu kerjasama.

Sementara itu, Walikota Palangka Raya H. Riban Satia menanggapi atas audiensi yang dilakukan Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalteng. Dikatakannya, pihaknya mendukung penuh atas kegiatan bakti kepada negeri merah putih narapidana yang merupakan satu kegiatan yang sangat positif terutama dalam mengintegrasikan mereka kembali ke lingkungan masyarakat.

Atas program kegiatan tersebut, Walikota berkenan akan membantu pihak Lapas/Rutan Palangka Raya terkait untuk program pelatihan prioritas di BLK Palangka Raya untuk tahun 2019, akan tetapi dirinya meminta pihak Lapas/Rutan menyampaikan terlebih dahulu proposal kegiatan yang dimaksud agar kiranya bisa dipelajari lebih lanjut. Sementara dirinya juga menginginkan pihak Kantor Wilayah melaporkan kepada Dirjen Pemasyarakatan bisa berkomunikasi dengan Menteri Tenaga Kerja agar semua BLK yang mengolah dana dekonsentrasi bisa diijinkan untuk membantu seluruh Lapas/Rutan di Indonesia.

Dikesempatan ini pula, Walikota berjanji bahwa pihaknya akan membantu 2 ekor sapi qurban yang nantinya akan diserahkan kepada Lapas dan Rutan Palangka Raya di Hari Raya Idul Adha mendatang. Selain itu pula pihaknya juga berkenan membantu 2 (dua) orang pegawai terbaik yang melakukan pembinaan keagamaan kepada WBP yang nantinya akan diberangkatkan untuk ibadah umroh ketanah suci Mekah bagi pegawai yang Muslim serta perjalanan ibadah ke Yerusalem bagi pegawai yang beragama Kristen.

Dalam hal ini secara khusus Walikota juga meminta kepada Kepala Kantor Wilayah agar melakukan penandatanganan MoU dengan Gubernur Kalimantan Tengah terkait kegiatan pembinaan untuk Lapas/Rutan agar dapat ditindak lanjuti disemua Kabupaten yang ada. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Mei. 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook