Motivasi Petugas Lapas dan Bapas Pangkalan Bun, Plt. Kakanwil Ajak Kolaborasi Guna Mencapai Sinergitas Dalam Tugas

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 09 Januari 2019 18:08, Dibaca 486 kali.


MMCKalteng – Sebelum mengakhiri masa tugasnya menjadi di Provinsi Kalimantan Tengah pada 10 Januari 2019 mendatang, pada tanggal 7 dan 8 Januari 2019 kemaren  Plt. Kepala Kantor Wilayah Budi mengajak para Pimpinan Tinggi Pratama yakni Kadiv Pemasyarakatan Hanibal, Kadiv Imigrasi Ignatius Poerwanto, Kadiv Administrasi Sucipto serta Kepala Bidang Keamanan Arief Gunawan dan Kepala Bidang Pembinaan Jevius J. Siathen melaksanakan kegiatan Monitoring ke Kabupaten Kotawaringin Barat yakni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B dan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Pangkalan Bun.

Tujuan utama dari kegiatan Monev Plt. Kepala Kantor Wilayah tersebut dalam rangka memberikan motivasi kepada seluruh petugas Lapas maupun Bapas Pangkalan Bun dalam rangka pelaksanaan kinerja tahun anggaran 2019.

(Baca Juga : Klien Bapas Pangkalan Bun di Pos Lapas Kelas IIB Sampit Ikuti Bimbingan Kepribadian Lanjut )

Dipertemuan yang dilaksanakan di Aula Lapas tersebut, Kepala Lapas Kelas II B Pangkalan Bun Kusnan menjelaskan bahwa per tanggal 08 Januari 2019 Jumlah Penghuni Lapas sebanyak 615 orang WBP.  Dari jumlah Kapasitas yang ada hanya 266 Orang, maka saat ini keadaan Lapas mengalami over crowdied menjacapi 230%. Akan tetapi walaupun demikian keadaan Lapas aman dan kondusif, ungkap Kusnan saat membuka pertemuan dengan para Pimpinan Kantor Wilayah.

Kemudian Plt. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng Budi dalam arahannya mengatakan bahwa pada awal tahun kemaren kita Kementerian Hukum dan HAM RI telah melaksanakan Apel  Komitmen Pelaksanaan Janji Kinerja Tahun Anggaran 2019 yang dipimpin langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI dan Pimpinan Tinggi Madya Kemenkumham RI. Pada kegiatan tersebut juga telah dilaksanakan Penandatanganan secara digital Pakta Integritas dan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Komitmen Bersama Pembagunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.

Terkait akan hal tersebut, baik untuk Lapas maupun Bapas Pangkalan Bun agar segera melaksanakannya sesuai dengan apa yang telah diperintahkan Pimpinan kepada kita. Terkait dengan WBK/WBBM dirinya berharap agar salah satu UPT yang ada di Kota Manis Pangkalan Bun ini bisa menjadi UPT yang masuk dalam Zona Integritas WBK/WBBM.

Plt. Kakanwil juga menjelaskan bahwa saat ini tantangan tugas kita menjadi semakin berat dan nyata untuk itu diharapkan kepada seluruh komponen yang ada diharapkan bisa berkolaborasi demi menjalin sinergitas dalam bekerja. Dicontohkannya seperti rombongan Monev yang datang kesini merupakan salah satu contoh kolaborasi yang baik. Dengan kebersamaan serta kekompakan yang terjalin maka kita akan mudah menghadapi segala permasalahan maupun tantangan yang ada sehingga kita dapat melaksanakan tujuan organisasi dengan baik.

Terlebih bagi adik-adik petugas baru, kalian adalah kertas putih yang tentunya menjadi penerus generasi Kemenkumham dimasa mendatang. Oleh karena itu jagalah maruah serta martabat kalian sebagai warga Pengayoman yang baik. Laksanakan Kinerja secara optimal, efektif dan efisien berdasarkan SOP yang ada, cerdas dalam berpikir dan bertindak, saling bersaing untuk kebaikan dan yang paling utama miliki integritas.

Sementara Kepala Divisi Pemasyarakatan Hanibal memberikan motivasi tentang penguatan bagi Petugas Pemasyarakatan. Dikatakannya menjadi Petugas Pemasyarakatan adalah keinginan kalian sendiri, oleh karena itu laksanakanlah tugas dengan baik dan benar. Tingkatkan etos kerja dan kompak. Lapas bukan tempat untuk mencari uang akan tetapi Lapas merupakan tempat pembinaan terhadap masyarakat yang terkena kasus tindak pidana. Terkait pakaian dinas diharapkan segera para petugas baru sudah memakai pakaian sesuai dengan Peremenkumham.

Selanjutnya Kepala Divisi Administrasi Sucipto mengatakan loyalitas petugas sangat diharapkan. Walaupun petugas tersebut energik tetapi tidak mempunyai loyalitas maka pasti tidak akan berhasil dengan baik. Begitu pula halnya loyalitas yang baik dan juga energik akan tetapi tidak memiliki integritas maka hal ini juga akan berjalan tidak baik.  Oleh karena itu diharapkan baik itu loyalitas, energik dan integritas merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Ini harus menjadi satu kolaborasi utama demi mencapai organisasi yang kuat. Ditambahkannya terkait tentang administrasi diharapkan Laporan-laporan harus disampaikan dengan baik dan tepat waktu baik itu mengenai target kinerja B03, B06, B09 maupun B12, dikatakannya bahwa Kantor Wilayah pada tanggal 28 Januari mendatang akan melaksanakan kegiatan Rekonsiliasi oleh karena diharapkan agar segala sesuatu yang terkait dengan pembuatan laporan keuangan dan BMN agar diinventarisir mulai sekarang.

Kepala Divisi Imigrasi juga menyampaikan kepada selurh petugas Lapas apabila ada nanti ada WBP yang berkewarganegaan asing (WNA) maka wajib memberitahu Kantor Imigrasi terdekat, hal ini dilakukan untuk melaksanakan amanat dari undang-undang terkait starus Kemigrasian kepada WNA yang bersangkutan. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng Jan19).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook